Tujuh Peluang Bisnis Online untuk Mahasiswa


Namanya Naufal. Ia mahasiswa di salah satu PTN di Depok, Jawa Barat. Mahasiswa semester tiga ini sudah enam bulan terakhir menjalankan bisnis iseng yang katanya kecil-kecilan. Sekadar mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat.

Naufal menjual sepatu gaul dari berbagai merek branded yang dijajakan ke teman-temannya di kampus. Tak hanya secara offline, Naufal juga menjajakan dagangannya secara online. Hasilnya, lumayan. Ia kini bisa membiayai kuliahnya sendiri tanpa bantuan orang tua.

Bisnis online bisa dibilang usaha yang menjanjikan bagi siapa saja termasuk Naufal yang masih menjadi mahasiswa. Selain bisa digunakan untuk mengisi waktu luang, berbisnis online ini juga merupakan usaha menguntungkan.

Peluang usaha bisnis online ini terbuka lebar bagi Anda para mahasiswa karena kapan pun dan di mana pun, bisnis ini bisa dijalankan. Melalui bisnis online Anda dapat menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit sehingga berpotensi membantu keuangan ketika masa-masa kuliah.

Jika saat ini Anda masih berada pada masa-masa kuliah, maka hal ini menjadi waktu yang tepat untuk mulai berbisnis. Di bawah ini ada tujuh rekomendasi bisnis online yang cocok bagi mahasiswa:

1.  Menjadi Seorang Penulis Lepas

Menjadi penulis dapat menjadi peluang bisnis dan usaha kecil menguntungkan terbaik jika Anda seorang yang suka menulis dan memiliki kemampuan untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Bisnis ini selain mudah untuk dikerjakan juga nyaris tanpa mengeluarkan modal, yang diperlukan hanya laptop atau komputer untuk media menulisnya.

Untuk menjadi seorang penulis lepas tetap dibutuhkan kreativitas, imajinasi, dan kemampuan menulis yang baik. Selain itu, bisnis ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja karena memang pekerjaan ini tidak terikat dengan tempat dan waktu.

Bisnis menjadi penulis lepas ini juga bisa menjadi usaha sampingan yang lumayan menjanjikan untuk mahasiswa, karena tidak perlu mengeluarkan modal juga tidak akan banyak mengganggu waktu mahasiswa. Bentuk tulisan yang ditawarkan juga beragam, seperti artikel umum yang memuat berbagai topik.


2 . Menjadi Blogger atau Memiliki Website Sendiri


Banyak sekali di luar sana orang yang bisa menghasilkan keuntungan hingga ratusan juta per bulan dari membuat blog. Namun tentu saja hal itu tidak di dapatkan dengan cara yang instan, perlu banyak usaha dan berbagai macam proses terlebih dahulu  yang harus Anda lalui.

Hal itu sama seperti ketika berbisnis offline. Bagaimana caranya untuk mendapatkan uang dari blog? Anda bisa menguangkan website seperti Google Adsense atau bisa juga dengan menjual produk Anda sendiri, dan masih banyak cara lain yang bisa digunakan agar website bisa menghasilkan uang. Dari sana Anda akan mendapatkan penghasilan dari website atau blog dan hasilnya bisa Anda kelola sendiri.

3.    Menjadi Seorang Penerjemah


Jika Anda menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris atau bahkan bahasa lainnya di luar bahasa Inggris, Anda bisa menjadikan hal itu sebagai peluang usaha untuk menjadi seorang penerjemah.

Kini media online telah banyak menghubungkan, orang-orang dari berbagai belahan dunia. Untuk menjelaskan yang terjadi di luar negeri, maka Anda bisa menerjemahkan sebuah artikel atau samacamnya agar dapat dibaca oleh pembaca yang tak mengerti bahasa asing.

Bagaimana cara menjadi seorang penerjemah? Anda hanya cukup menawarkan jasa untuk menjadi penerjemah kepada perusahaan atau klien yang memerlukan data.


4 .    Membuka Jasa Desain Grafis


Jasa desain grafis ini merupakan bisnis online yang bisa dilakukan dengan mengeluarkan modal yang sedikit. Apalagi jika Anda merupakan mahasiswa Jurusan Desain Grafis, maka bisnis ini menjadi peluang usaha yang bisa di coba karena selain modalnya yang sedikit, bisnis yang satu ini cukup dibutuhkan jasanya dan cukup laris juga.

Jika desain yang Anda buat sangat bagus, Anda bahkan bisa mendapat konsumen yang berasal dari luar negeri. Untuk masalah harga, Anda juga bisa mengaturnya sendiri tergantung seberapa besar tingkat kesulitan saat membuatnya.

5.    Menjadi Youtuber


Kini bekerja menjadi seorang Youtuber sepertinya sudah banyak di gandrungi oleh masyarakat Indonesia, terlebih di kalangan anak muda. Youtuber ini menjadi salah satu bisnis yang bisa dilakukan dengan mengeluarkan modal yang kecil.

Hasil dari menjadi seorang Youtuber juga lumayan menjanjikan, semakin banyak viewers pada video Anda, maka semakin besar pula pendapatan yang bisa diperoleh. apalagi jika ada sponsor yang mau melakukan kerja sama dengan Anda.
Konten yang bisa Anda pilih juga beragam, jika Anda seorang pemula maka video untuk tutorial hujab, tutorial make up, dan tutorial lainnya bisa menjadi pilihan  mudah  yang bisa kamu lakukan.

6.    Menjadi Reseller


Bergabung di komunitas reseller Indonesia . Itu berarti pekerjaan Anda adalah menjadi perantara antara konsumen dan produsen. Semisal, jika ada seorang yang ingin membeli baju di toko online namun karena dia tidak memiliki akses untuk pergi, maka Anda bisa menjadi perantaranya. Menjadi dropshipper atau reseller bisa dijadikan usaha sampingan di sela-sela kesibukan kuliah.

Ada banyak sekali Social Commerce Indonesia yang bisa Anda coba untuk mencari penghasilan tambahan dengan berjualan produk mereka. Menjadi dropshipper mereka pun bisa Anda coba untuk menambah penghasilan tambahan.

7.    Membuka Usaha Jastip


Cara melakukan pekerjaan ini yakni dengan membuka pesanan. Pesanan apa? Ketika Anda hendak bepergian ke luar kota atau ke luar negeri, Anda bisa menjadi jasa pengantar barang untuk orang lain. Anda bisa membelikan barang yang ingin orang lain beli dan membelikannya di tempat yang diinginkannya.

Anda dapat menentukan barang apa saja yang bisa dibeli. Semisal tas, baju, makanan ringan, atau sepatu. Dan hal itu menyesuaikan ke mana Anda akan pergi. Pekerjaan ini bisa kamu jadikan sebagai usaha sampingan, istilahnya sambil menyelam minum air, karena pekerjaan ini dilakukan ketika Anda hendak berlibur atau bepergian ke luar kota bahkan ke luar negeri.
loading...

No comments