Tokoh Utama Death Note Vs Detektif Conan

- Agustus 14, 2021
advertise here

 

Tokoh Utama Death Note, L, Vs tokoh utama Detektif Conan Shinichi Kudo.
 

Shinichi Kudo dan Light Yagami di komik Detektif Conan dan Death Note, dibekali oleh pemikiran-pemikiran yang jenius. Detektif Conan ditulis Aoyama Gosho menceritakan Shinichi Kudo, siswa SMA yang juga seorang detektif ternama, lalu berubah menjadi anak-anak karena menyelidiki sebuah organisasi misterius. 

Shinichi kemudian mengambil Conan Edogawa sebagai nama samarannya dan tinggal di rumah Kogoro Mouri, seorang detektif swasta lokal yang bodoh. Berkat kehadiran Conan, Kogoro pun semakin naik daun dan terkenal.

Sedangkan Light Yagami dari anime Death Note, sebuah seri manga shonen Jepang yang ditulis oleh Tsugumi Ohba dan diilustrasikan oleh Takeshi Obata, lewat bantuan buku Death Note dan kekuatan Shinigami, mencoba menciptakan dunia baru dengan cara membunuh semua penjahat. 

Mungkin ini yang menjadi sisi negatif dalam kejeniusan Light. Sayangnya terdapat perbedaan di antara keduanya. 

Sinichi Kudo yang merupakan seorang detektif muda, menggunakan kejeniusannya untuk memecahkan berbagai kasus kriminal. Andai Light lebih memilih berprofesi seperti ayahnya yang bertugas di kepolisan Jepang, bukan tak mungkin kejeniusan yang ia miliki bisa mengalahkan Shinichi Kudo.

Selain dikenal sebagai karakter anime paling jenius yang pernah ada, Light Yagami juga dikenal dengan rencana-rencananya yang berbelit-belit dan rumit. Meskipun kebanyakan rencana Light sangat berbahaya, namun entah bagaimana sebagian besar rencana Light selalu berhasil.

Semua rencana yang dilakukan oleh Light selalu diperhitungkan. Menariknya lagi, Light selalu memiliki jalan alternatif jika seandainya rencana awalnya gagal. 

Saya membuat skenario jika seandainya Conanlah yang akan berhadapan dengan Light Yagami alias Kira. Hal pertama yang mungkin akan dilakukan Conan adalah mendatangi korban, melihat perubahan serta reaksi mayatnya setelah terkena Death Note dan bahkan menghabiskan waktu menganalisa pesan-pesan  yang ditulis korban setelah mereka dikendalikan oleh Kira sebelum kematiannya ditulis di Death Note. Light Yagami mengendalikan penjahat sebelum kematian mereka dengan menulis pesan untuk menunjukkan pada orang-orang jika Kira adalah Tuhan.

Awalnya Conan akan menganggap pesan yang ditulis mayat akibat dikendalikan Death Note, Itu adalah pesan dari pembunuh berantai. Akan tetapi ia tak akan menemukan bukti apapun karena mayat para penjahat itu memang bunuh diri. Penyebab kematiannya ditulis Death Note sebelum serangan jantung, tak ada bukti senjata fisik yang dapat digunakan Conan untuk menangkap Kira. Mungkin Conan juga akan mengira jika entitas bernama Kira adalah kelompok teroris yang mengincar penjahat.

L Lawliet, tokoh detektif di Death Note, mengetahui jika Kira berasal dari Jepang hanya dengan menganalisa jika Kira melakukan pembunuhan pertama pada Kurou Otoharada yang berada di Jepang. Korban-korban lain juga tewas karena serangan jantung yang ganjil akibat Death Note dan kesombongan Light sendiri setelah membunuh L palsu (L Lind Tailor) di televisi. L jadi bisa menyimpulkan jika Light membutuhkan nama dan wajah untuk membunuh penjahat setelah Light tak bisa membunuh L asli yang menyembunyikan nama dan wajahnya.

Conan bukan tipe orang yang mampu mencari petunjuk dari nol seperti L. Di setiap kasus yang terjadi petunjuk dan kasus itu sendiri yang seakan mendatangi Conan. 

Pepatahnya, "Ketika Conan datang, datanglah pembunuhan," bukan seperti L yang berusaha menganalisa cara kerja Death Note dengan deduksinya. L mampu mencari jarum di tengah padang rumput, terutama karena Death Note adalah benda ghaib. Conan tak akan langsung percaya pada Kira yang mengaku sebagai Tuhan apalagi cara Kira dalam membunuh, tak ada observasi dan bukti fisik yang dapat Conan gunakan untuk menangkap Light.

Sejenius apapun Conan, kalau cuma ada satu kasus pembunuhan akan sulit menangkap Light. Apalagi  L itu berfikir dengan cara "melihat pola", Light Yagami membunuh orang menggunakan Death Note ada polanya dan tak cuma satu kali, membuatnya mudah dicurigai. Bagaimana Light berusaha memanipulasi pola pembunuhan karena sadar otaknya L itu peka banget ngerangkai pola?  Nah, tanpa ada pola dan perulangan, L jelas bakal kesusahan menemukan Light.

Conan sangat ahli menyimpulkan kasus dari berbagai barang bukti yang ia temukan di tempat kejadian perkara (TKP).  Tapi Conan bukan tipe pencari jarum dalam jerami seperti L karena yang akan ia hadapi adalah senjata pemusnah massal ghaib. Jika terlalu janggal mungkin Conan akan membuka kemungkinan Death Note itu ada seperti L yang sebelumnya tak percaya pada Death Note. Conan hebat dalam observasi, tapi L nyalinya lebih besar dalam melakukan eksperimen dan spontanitas. L tak peduli keputusan cepatnya beberapa kali membuatnya dalam bahaya.

Conan bukan orang yang introvert seperti L,yang bahkan enggan menunjukkan wajah dan nama aslinya, sedangkan Conan sangat narsis dan senang dipuja hampir mirip Light Yagami. Conan terkenal sebagai detektif penyelamat kepolisian Jepang. Jika masih dalam wujud Shinichi Kudo, Light akan langsung membunuh Conan sebelum pertarungan dimulai. Namun tubuh Shinichi yang mengecil dan namanya  yang disamarkan menjadi keuntungan sendiri bagi Conan. Keadaan itu akan membuat Light tak akan menduga bahwa lawannya terjebak di tubuh anak kecil. Dengan tubuh Conan yang mengecil, Light harus menggunakan mata Shinigami untuk mengetahui wajah dan nama asli Conan, tapi Light harus selalu mengandalkan Misa dengan mata Shinigaminya.  Misa melupakan nama L setelah melepas kepemilikan Death Note.

Meski Shinichi kudo terkenal, Light Yagami tak akan dengan mudah menyadari jika Conan adalah Shinichi dan Shinichi juga lihai sembunyi. Bila Shinichi nggak lihai sembunyi identitasnya akan cepat ketahuan oleh Ran dan manga Detektif Conan bakal cepat tamat. Jika sampai ada kasus Kira di Kota Beika tempat Conan tinggal pasti Conan akan mengubah suaranya menjadi suara Kogoro seperti biasa (kesannya Kogorolah yang berusaha menangkap Kira). Namun ketika semua orang mendengarkan 'Kogoro Tidur' Light akan cukup cerdas menyadari jika Conan membius Kogoro. Namanya Light, ia pasti akan pura-pura tidak menyadarinya. Jika berada di dunia yang sama,Light mungkin akan curiga jika Conan adalah Shinichi Kudo.

Pada akhirnya Light akan membunuh Conan alih-alih Kogoro, sebagai musuh utamanya setelah menyadari jika Conanlah yang memecahkan kasus-kasus miliki Kogoro. Conan akan bernasib sama seperti L. Light akan memanfaatkan perasaan cinta Shinigami Rem pada Misa Amane untuk membunuh Conan dan Watari karena mereka bisa melukai nyawa Misa. Dan jika Light berhadapan dengan Conan maka skenario cerita yang berbeda kemungkinan bisa membuatnya lebih beruntung sejak awal dan Misa tetap dapat langsung membunuh Conan dengan mata Shinigaminnya, sebelum melepas kepemilikan Death Note ke Yotsuba Group. 

Namun Conan tidak seceroboh L atau Naomi Misora dan anggota FBI lain yang dengan mudah percaya jika Light Yagami mampu menyakinkan dia tidak berbahaya dan bersedia membantu mereka, hingga Light mendapatkan nama Naomi Misora setelah gagal membunuhnya dengan nama palsu Maki Soko. Conan tak mudah percaya dengan tersangka. Dalam beberapa kasus Conan mampu membuktikan jika orang yang tak terduga atau diperhatikan pembaca bersalah justru itulah pelakunya.

Meski L apalagi Conan nantinya akan kesulitan membuktikan Light bersalah jika Light melepas kepemilikan Death Note dan memberikannya pada Yotsuba Grub. Namun akibat kesalahan Mikami sebagai tangan kanan Light akan membuat Conan  bisa menangkapnya. Seperti kecerobohan Mikami berbicara dengan Shinigami di tempat umum, membunuh penjahat menggunakan Death Note setelah menegurnya dan memudahkan Gevvani dan Near untuk mengikutinnya dan menukar Death Note dengan yang palsu.

Dengan Light Yagami tidak perlu membunuh Kogoro untuk berperan sebagai pemimpin kasus Kira karena Conan sebagai masalah utama sudah mati, Light nantinya akan berpura-pura membantu Kogoro menangkap Kira. Light juga akan berpura-pura pada semua orang jika ia tak tahu kalau Conan adalah Shinichi meski nanti Shinigami Rem akan memberitahukannya pada Light, dia akan lebih sulit untuk ditangkap Near dan Mello di kemudian hari jika Kogoro tetap memimpin kasus Kira. Lantaran setelah kematian L dan Light menjadi L yang baru sebagai pemimpin kasus Kira, Near dan Mello lebih mudah melacak keberadaan Light.

Shinichi memecahkan misteri for the sake of, "Kesenangan dan Spotlight" Bukan orang yang tekun seperti L yang bersumpah akan mempertaruhkan nyawanya untuk menangkap Kira agak sulit. Menggunakan rasa alami L untuk mengetahui perasaan ketika orang berbohong dikombinasikan dengan kecenderungan untuk memeriksa dan memeriksa kembali informasi yang dia miliki tentang Kira pada Naomi Misora yang tewas dibunuh Light.

Sampai saat ini, sudah banyak kasus yang telah dipecahkan oleh Conan. Namun ia belum bisa memecahkan masalah terbesar dalam hidupnya, yaitu membongkar kedok kejahatan Organisasi Hitam. Dan apakah Conan akan berhasil? Sementara Light Yagami sejak awal sudah berhadapan dengan musuh-musuh kuat seperti L Lawliet, Near, sampai Mello. Belum lagi ia juga harus bermusuhan dengan kepolisian Jepang. Jadi jika perbandingannya adalah jumlah kekalahan, tentu Light Yagami yang paling banyak. Tetapi bisa dibilang Conan sendiri belum berhasil "memenangkan" pertarungan dengan musuh bebuyutannya yaitu Organisasi Hitam. 

Pertanyaan terbesar yang menurut saya perlu ditemukan Conan adalah menyimpulkan di mana pembunuhan terjadi. Ya, saya bisa melihatnya menyimpulkan Jepang, tetapi bagaimana Conan mengetahui wilayah tempat Kira tinggal karena dia bukan tipe yang mempertaruhkan nyawa seseorang hanya untuk membuktikan bahwa ada pembunuh. Conan tidak sekejam L,bahkan Tsugumi Ohba sendiri mengatakan jika Light sangat jahat tapi L juga sedikit jahat, ia tak memiliki empati dan tak peduli dengan teman-temannya yang menjadi korban. Jika dibandingkan Conan, saya rasa meski L Lind Tailor akan dijadwalkan hukuman mati Conan tak akan merasa berhak menghakimi dan menggunakannya sebagai umpan untuk bukti awal menangkap Kira.

Lebih jauh lagi kalau Conan tahu Kira sangat berbahaya, dia benar-benar akan menahan diri dari risiko menempatkan Kogoro, Heiji Hatori, apalagi Ran Maori, atau teman-temannya yang lain di posisi itu, meski terkadang Conan memiliki rasa ingin tahu yang besar dan mengakibatkan dirinya hampir tewas dibunuh Organisasi Hitam. Walau saya berasumsi Watari dan fasilitas yang dimiliki L terutama dari FBI  juga akan membantunya.

(Damar Pratama)

 

Advertisement advertise here