LinkCollider - Free Social Media Advertising

Jurusan-Jurusan di Kuliah yang Gampang Dapat Pekerjaan

Jurusan-jurusan kuliah yang gampang dapat pekerjaan (foto: pixabay).

Duduk di bangku kuliah dan menjadi mahasiswa menjadi idaman sebagian besar siswa lulusan SMA. Tentu memilih jurusan kuliah yang memiliki banyak peluang kerja dan dibutuhkan di masa mendatang, menjadi faktor yang sangat penting.

Ada jurusan di kuliah atau perguruan tinggi yang memberikan jaminan lebih stabil untuk karier masa depan para mahasiswa yang kelak akan lulus kuliah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini jurusan di perguruan tinggi yang memiliki jenjang karir dan pekerjaan yang menjanjikan.


1. Kedokteran

Jurusan kedokteran masih menjadi salah satu jurusan terfavorit dan amat dibutuhkan di Indonesia. Hal ini karena bidang kedokteran seolah tidak pernah sepi dari lapangan kerja.

2. Teknisi Medis


Lulusan jurusan ini biasanya langsung bekerja di institusi kesehatan setelah lulus kuliah. Terbukti di masa pandemi Covid-19, tenaga medis sangat dibutuhkan dan memiliki jasa yang besar sebagai salah satu profesi yang berada di garda terdepan.

3. Psikologi

Hampir semua perusahaan membutuhkan tenaga ahli di bidang ini, terutama perusahaan berskala besar. Biasanya, lulusan jurusan psikologi dibutuhkan dalam divisi Human Resource alias sumber daya manusia (SDM). Selain bekerja di perusahaan, lulusan jurusan ini juga bisa menjadi psikolog dan membuka layanan konsultasi pribadi terkait mental atau perilaku seseorang. Hanya saja, untuk menjadi psikolog, lulusan sarjana psikologi harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 terlebih dahulu.

4. Pendidikan

Banyak sekolah atau kampus yang memang membutuhkan profesional dari jurusan pendidikan. Jurusan pendidikan sangat diminati oleh perusahaan khususnya perusahaan yang memang bergerak dalam bidang pendidikan. Diperkirakan selama beberapa tahun ke depan, guru masih akan terus menjadi profesi favorit dan paling banyak dibutuhkan.

5. Pendidikan Usia Dini


Jurusan satu ini sedang banyak diminati karena besarnya jumlah anak yang bersekolah di usia belia. Tak heran kalau jurusan ini menjadi salah satu jurusan dengan tingkat pengangguran rendah.

6. Kebijakan Publik dan Hukum

Secara penjurusan mungkin jurusan ini termasuk dalam kategori yang jarang diminati. Namun, siapa sangka angka pengangguran dari jurusan ini sangat minim. Semua bisnis maupun kebutuhan pribadi pasti ada masanya memerlukan bantuan hukum.

7. Akuntansi

Jurusan akuntansi terkenal sebagai jurusan yang mudah mendapat pekerjaan. Hal ini karena hampir seluruh perusahaan membutuhkan jasa seorang akuntan. Lulusan jurusan ini bisa berkarier di perusahaan swasta, lembaga pemerintah, atau bahkan menjadi profesional di sebuah kantor akuntan publik.

8. Ilmu Komunikasi

Kebutuhan industri media dalam beberapa tahun ke depan terus berkembang pesat. Itulah sebabnya jurusan ini juga semakin diminati. Program studi ini dianggap paling tepat bagi yang ingin bekerja dalam berbagai aspek media setelah lulus nanti. Selain di media massa, lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja di berbagai sektor, baik negeri maupun swasta. Dalam beberapa tahun ke depan.

9. Sastra Inggris

Sastra Inggris termasuk jurusan kuliah yang banyak peluang kerja. Mahasiswa Sastra Inggris biasanya juga sudah mulai bekerja sebagai penerjemah sejak masih kuliah. Bidang kerja jurusan ini di pemerintahan dan swasta juga masih teramat luas.
 
10. Teknik Informatika

Lulusan jurusan teknik informatika tidak pernah sepi peminat. Lapangan pekerjaan untuk lulusan jurusan ini hingga beberapa tahun ke depan seolah tidak ada matinya.

11. Teknik Sipil

Banyak pekerjaan yang membutuhkan jasa jurusan ini membuat tingkat pengangguran jurusan teknik sipil amat rendah. Kebutuhan akan pekerja untuk peningkatan infrastruktur menjadi salah satu alasan mengapa jurusan ini sangat diminati perusahaan saat ini.

12. Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Sampai saat ini jurusan ini menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan dan prospek kerjanya yang luas. Para lulusannya dapat berkarier di berbagai sektor migas nasional dan internasional, seperti Pertamina, Chevron, Medco, Total, dan sebagainya. Juga bisa bekerja di berbagai bidang pemerintahan, seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), atau Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

13. Arsitektur

Industri di bidang konstruksi dan rancang bangun akan tetap berlanjut dan berkembang di masa mendatang. Karena itu, arsitek masih menjadi jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang.

14. Matematika Statistik

Pada era digital seperti sekarang ini, menjalani profesi data scientist akan banyak dibutuhkan di dunia kerja. Banyak perusahaan besar yang bergelut di bidang marketing dan telekomunikasi yang membutuhkan seorang data scientist. Jurusan matematika statistik memberikan peluang kerja bagi lulusannya sebagai pegawai bank (account officer), market researcher, data scientist, analisis anggaran, dan analisis sistem.

(nnn)

Comments