Menu
Jedadulu

Trik Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Baterai Ponsel Android

Cara jitu meningkatkan daya tahan baterai ponsel (foto: pixabay)
 

Pengunaan layar yang lebih cerah atau koneksi internet di ponsel Android tanpa disadari bisa menguras baterai ponsel. Pengunaan lainnya yang mungkin tanpa disengaja juga bisa mengurangi masa pakai baterai di ponsel. Ini yang membuat bateri cepat habis dan harus sering dicharge.

Untuk mengatasi hal itu, ponsel Android memiliki fitur canggih, seperti Google Pixel 6 Pro yang memiliki baterai 5.003mAh sehingga dapat bertahan lebih dari 22 jam atau Samsung Galaxy yang mampu bertahan 11 hingga 13 jam. Namun ada cara umum yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan baterai pada ponsel Android merek apa pun.

Berikut tips yang bisa dicoba untuk menghemat baterai ponsel seperti dilansir pcmag.com, Selasa, 28 Desember 2021.

Mengendalikan aplikasi

Aplikasi terus berjalan bahkan saat tidak digunakan. Ini tentu akan menghabiskan data dan masa pakai baterai ponsel. Pengguna dapat mengendalikan aplikasi yang tidak digunakan lewat tombol pengaturan "baterai atau manajemen daya aplikasi". Pilih "batas penggunaan" dan aktifkan "letakkan aplikasi yang tidak digunakan ke mode tidur" untuk mencegah aplikasi menghabiskan masa pakai baterai. Segera periksa aplikasi yang paling cepat menguras baterai secara berkala. Informasi ini dapat dilihat di bawah penggunaan baterai di pengaturan lalu memutuskan aplikasi mana yang harus diizinkan berjalan dan mana yang harus dimatikan saat tidak digunakan.

Mengubah layar yang terlalu cerah


Layar ponsel yang sangat cerah dapat menguras baterai sehingga perlu diturunkan kecerahannya. Cara lain yang bisa dilakukan adalah menonaktifkan kecerahan otomatis. Fitur ini menyesuaikan kebutuhan yang dirasakan tetapi juga dapat meningkatkan kecerahan layar lebih tinggi dari yang seharusnya.

Mencoba mode gelap

Mode gelap dinilai lebih baik untuk mata, tetapi tidak benar-benar pengaruh terhadap baterai kecuali perangkat memiliki layar OLED atau AMOLED. Sebagian besar ponsel lama menggunakan layar LCD, tetapi ponsel andalan dari Samsung, OnePlus, dan Google telah beralih menggunakan teknologi tampilan yang lebih baru ini. Jika memiliki ponsel dengan layar OLED atau AMOLED, itu berarti ponsel benar-benar mematikan piksel yang menampilkan warna hitam sehingga bisa menghemat baterai saat semua panel putih terang menjadi gelap. Menurut i-Fixit, dengan mengaktifkan mode gelap maka dapat menghemat daya baterai hingga satu jam.

Menyalakan mode hemat daya

Segera alihkan ponsel ke mode hemat daya karena secara otomatis itu dapat mengurangi fungsi penghabisan masa pakai baterai. Caranya buka "pengaturan" lalu "baterai dan perawatan perangkat" dan ketuk "baterai." Di bawah bagan penggunaan baterai, aktifkan mode hemat daya untuk segera membatasi jaringan, sinkronisasi, layanan lokasi, dan menurunkan kecepatan refresh layar.

Menyalakan mode pesawat


Mengirim dan menerima sinyal nirkabel dapat menguras baterai ponsel sehingga pertimbangkan untuk mengaktifkan mode pesawat saat tidak perlu menggunakan data seluler. Bisa dengan membuka naungan pull-down dan ketuk tombol "mode pesawat". Jika ingin tetap terhubung dengan internet, bisa sambungkan ponsel ke wifi.

(nnn)

Tidak ada komentar