Mencari Wisata Alternatif di Kota Depok? Silakan Kunjungi RW 16 Ini


(Anak-anak bermain di depan rumahnya di RW 16 Bakti Jaya Depok/Foto: jedadulu.com)

Depok, Jawa Barat, selama ini dikenal sebagai salah satu kota pelajar dengan puluhan kampus yang betebaran di penjuru kota. Selain kampus, di kota penyangga ibu kota negara, Jakarta, ini kini menjamur puluhan pusat perbelanjaan dan mal, terutama terpusat di jalan protokol, Jalan Margonda Raya.

Sebagian warga pun memanfaatkan akhir pekan atau saat liburan di mal-mal itu. Istilahnya wisata mal. Meski menurut saya, wisata mal kurang sehat, terutama buat kesehatan dompet, hehehe...

Memang tak mudah untuk mencari lokasi wisata di Kota Depok karena tak begitu banyak spot-spot wisata di kota berikon belimbing ini. Lokasi yang menjadi obyek wisata kota ini sebagian besar baru bermunculan beberapa tahun terakhir. Seperti Masjid Kubah Mas, Pondok Zidane, D'Kandang, Kampung 99 Pohon, Kolam Renang Pasir Putih, Taman Gurame, Depok Fantasi Waterpark, dan Taman Wiladaktika.

Namun warga Depok tak perlu berkecil hati. Obyek wisata baru masih bisa dimunculkan asal ada niat, komitmen, dan kreativitas. Semua bisa dimulai dari lingkungan sendiri. Paling tidak, itulah yang saya lihat di Kampung RW 16 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, pada awal 2019 ini.

Saat memasuki lingkungan RW 16, saya disambut dengan tanaman hias berjajar rapi di sepanjang gang. Sama sekali tak terlihat suasana kumuh, seperti sampah berserakan, air got yang kelam dan mampet, serta jalanan gersang.

Pemandangan ini sungguh memanjakan mata. Penataan lingkungan RW 16 ini memang sangat rapi, nyaman dan asri. Heran? Bisa jadi. Pasalnya, selama saya tinggal di ibu kota hampir tidak pernah saya menemui kampung seasri ini.

Kampung RW 16 ini memang benar-benar berbeda. Saat memasuki kampung, kita disambut dengan gapura yang diiringi dengan deretan tanaman hijau sepanjang gang. Meski tidak ada pohon besar, nuansa hijau tetap terpancar dari setiap rumah. Beragam tanaman kecil dalam pot menjadi sumber kesejukan.

Setiap rumah tampak hijau dan rimbun dipenuhi berbagai jenis tanaman hias, obat, dan buah. Di tiap gang terdapat papan slogan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan. Di beberapa dinding rumah warga, mural bertema hewan, alam, dan lingkungan. Hmm, cocok banget untuk dikunjungi siapa saja, terutama warga Depok yang butuh rekreasi gratis.

Wajar bila Ketua RW 16 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Sumarno, saat saya temui pun memimpikan lingkungannya menjadi obyek wisata baru di Kota Depok. Apalagi, hampir setiap hari ada saja pengunjung yang datang ke RW 16.

Ada yang datang sekadar berfoto mengambil gambar. Ada yang ingin belajar tentang pengelolaan sampah. Ada yang berniat membeli produk dan kerajinan hasil pengelolaan sampah milik warga. Ada pula rombongan dari RW-RW lain yang ingin melakukan studi banding. Sejumlah media, baik media massa mainstream hingga para blogger pun kerap menjadikan RW 16 sebagai bahan laporan dan tulisan.

Penasaran untuk berkunjung ke RW dan sekadar 'mencuci mata'? Tak sulit untuk menjangkaunya. Dari Jalan Margonda Raya, silakan menuju Jalan Baru atau Jl Ir H Juanda. Dari arah Margonda, RW 16 ada di seberang kanan. Silakan mencari Masjid At Taubah. RW 16 berada tepat di belakang masjid.

(Dinar K Dewi)


loading...

No comments