LinkCollider - Free Social Media Advertising

Cara Baru Cari Kerja Gak Ribet

Bagi para pencari kerja, sekarang tak perlu terlalu galau mencari lowongan kerja (loker). Gak perlu bersusah payah keliling masuk satu kantor ke kantor lain, tanya satpam atau resepsionis, ada nggak lowongan kerja. Nggak perlu ngantre berjubel di pameran atau bursa kerja. Nggak perlu juga melototin iklan baris di koran untuk nyari lowongan kerja (yang ini mah jadul banget). Terus gimana caranya?

Sebenarnya, permasalahan mencari kerja hingga kini tetap gampang-gampang susah. Apalagi di saat pandemi corona seperti sekarang ini. Persaingan mencari pekerjaan cenderung meningkat. Para lulusan baru harus bersaing dengan tenaga-tenaga kerja yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK) dampak dari pandemi.

Angka pencari kerja dan lowongan kerja yang tidak sebanding menjadikan persaingan kerja semakin tinggi. Namun demikian, jangan patah arang, tetaplah selalu bersemangat dan optimistis. Banyak jalan menuju Roma. Berusahalah melamar pekerjaan tidak hanya pada satu perusahaan.

Namun yang perlu dicatat, pelamar harus jeli dalam melihat lowongan pekerjaan karena saat ini banyak ditemui loker bodong berisi penipuan. Para pencari kerja perlu cermat dan teliti untuk mencari informasi melalui internet dari website-website penyedia informasi lowongan kerja. 

 
 
Bisa dibilang, mendapatkan pekerjaan baru merupakan hal yang susah-susah gampang. Gampang karena sekarang informasi mengenai lowongan pekerjaan sudah semakin mudah. Susah lantaran diperlukan strategi khusus untuk mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan.

Walaupun tidak gampang, di era serbadigital, mencari informasi loker di internet alias dunia maya dapat menjadi langkah termudah untuk dilakukan. Ada banyak situs pencarian kerja atau situs resmi perusahaan yang dapat ditelusuri. Dari sana, pelamar akan mendapatkan banyak informasi mengenai loker.

Terkadang meski lowongan kerja ada di mana-mana, tetap saja rasanya sulit mendapatkan yang tepat. Agar tak terus terjebak dengan kondisi ini, pelamar kerja perlu paham apa saja cara baru cari kerja yang paling efektif.

Dulu, seperti tulisan yang di atas, pencari kerja perlu ke sana-ke mari untuk melamar pekerjaan. Mulai dari walk-in interview, sampai dengan menyebarkan surat lamaran ke beberapa perusahaan. Nah, sekarang ada cara baru untuk mencari kerja dan yang jelas nggak pakai ribet.

Begini cara mencari kerja saat ini


Cara yang sering digunakan akhir-akhir ini di antaranya adalah melalui situs job portal dan situs talent marketplace. Dua-duanya sama-sama menggunakan internet, tapi ada perbedaan yang signifikan.

- Job Portal

Job portal atau career portal merupakan salah satu cara konvensional atau yang umum bagi pencari kerja dan perusahaan untuk mendapatkan karyawan. Di situs ini terdapat beberapa informasi, seperti lowongan pekerjaan, keterangan deskripsi pekerjaan, informasi mengenai perusahaan, hingga kontak email dan nomor telepon perusahaan tersebut.

Pencari kerja bisa langsung melamar pekerjaan melalui job portal tersebut, atau langsung mengirimkan surat lamaran dan CV melalui email yang tertera di kontak perusahaan. Meski bebas ingin melamar ke perusahaan yang mana, sayangnya beberapa kandidat justru terjebak ke dalam lowongan kerja palsu.

Cara ini pun tidak menjamin para pencari kerja akan mudah dan cepat dalam mendapatkan pekerjaan baru. Terlebih lagi, saingan yang banyak, dan proses mencari kerja yang menyusahkan karena pelamar mungkin harus apply ke banyak perusahaan untuk mendapatkan satu perusahaan yang cocok.

Setelah melamar ke beberapa perusahaan di job portal, umumnya tidak ada notifikasi atau pemberitahuan mengenai sejauh mana proses aplikasi si pelamar. Sehingga mungkin hal ini akan cukup membingungkan.

Selain itu, meski beberapa job portal tidak berbayar, jika ingin mendapatkan pekerjaan terbaik dan pelayanan terbaik, pelamar tetap perlu berpindah ke premium yang tentunya berbayar.

- Talent Marketplace

Berbeda dengan job portal, talent marketplace adalah wadah bagi perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan kecanggihan data science yang dimiliki oleh talent marketplace, dapat memudahkan perusahaan untuk menemukan kandidat yang cocok. Si pencari kerja juga akan dengan mudah menemukan perusahaan yang cocok.

Melalui situs talent marketplace, pencari kerja tidak perlu susah payah melamar ke sana-kemari, atau bahkan takut terjebak oleh lowongan kerja palsu. Pasalnya, di situs talent marketplace, baik perusahaan maupun talent akan melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Sehingga pelamar tidak perlu khawatir ketika mendapatkan panggilan interview melalui situs talent marketplace ini.

Selain tak perlu melamar ke sana-kemari, talent marketplace umumnya tidak memungut sepeser pun biaya kepada talent-nya. Jadi, pelamar juga tidak perlu lagi berpindah ke premium untuk mendapatkan pekerjaan terbaik dan dilirik oleh perusahaan.

Tertarik bekerja di startup unicorn? Mendaftarkan diri di situs talent marketplace bisa menjadi salah satu langkah awal yang efektif. Kenapa? Karena umumnya, perusahaan-perusahaan unicorn ini telah mempercayai jasa talent marketplace untuk mendapatkan kandidat terbaik.

 


Salah satu contoh talent marketplace adalah Ekrut yang sudah mengusung konsep berbasis data science. Dengan konsep ini, perusahaan akan lebih mudah mendapatkan kandidat, Ekrut akan menghubungkan pelamar dengan perusahaan yang cocok.

Lalu, apakah keuntungan lain yang akan didapatkan setelah mendaftar di Ekrut? Dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ini penjelasan lengkap yang perlu diketahui para pelamar.

Cara kerja Ekrut termasuk sederhana, mudah, dan sangat membantu dalam mendapatkan pekerjaan. Cukup dengan melakukan beberapa langkah mudah, antara lain seperti mendaftarkan diri menggunakan akun LinkedIn, kemudian mengisi profil.

 

Berikut langkah dan cara kerja Ekrut:

1. Masuk ke halaman sign-up Ekrut, daftarkan diri Anda, dan isi profil.

Ada banyak perusahaan berkualitas yang mencari keahlian pencari kerja. Jadi, isilah profil, dan cantumkan kemampuan. Buatlah kesan yang menarik yang membuat perekrut antusias untuk memberikan kesempatan interview. Ekrut memiliki kecanggihan data science yang akan lebih mudah bagi kandidat untuk ditemukan oleh perusahaan yang cocok.

2. Perekrut dari berbagai perusahaan akan aktif mencari kandidat.

Semua perusahaan yang bergabung dengan Ekrut sudah melalui proses verifikasi terlebih dahulu, jadi pelamar tidak perlu khawatir akan terjebak oleh lowongan kerja palsu di satu perusahaan. Bahkan, perusahaan yang bergabung dengan Ekrut juga termasuk perusahaan yang mungkin namanya sudah tenar sebelumnya. Misalnya, Traveloka, JD.id, IDN Media, Toshiba, Kalbe Farma, Kopi Kenangan, Tokopedia, Inspigo, Mid Trans, Fave, dan MyRepublic.

3.  Mendapatkan kerja tanpa melamar.

Di sinilah uniknya Ekrut, perekrut dari berbagai perusahaan akan mencari kandidat yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, pelamar tidak perlu lagi apply ke sana-ke mari menyebar CV. Cukup dengan mendaftarkan diri dengan menggunakan akun LinkedIn di halaman sign-up Ekrut, dan melengkapi profil. Maka, tawaran yang akan datang.

4. Panggilan interview.

Pelamar juga tidak perlu khawatir akan kehilangan kesempatan interview karena tidak membaca email, atau email yang ditunggu-tunggu justru masuk ke spam. Karena pihak Ekrut akan menelpon dan memastikan pelamar sudah membaca email panggilan interview. Pelamar tidak akan kehilangan kesempatan yang ditunggu-tunggu.

4. Gratis!
Inilah yang paling asyik. Agar lebih dilirik oleh perusahaan terbaik, sebagian job portal mungkin akan menawarkan pelamar untuk berpindah ke akun premium. Namun tidak begitu dengan Ekrut. Cukup mendaftarkan diri secara gratis, peluang pelamar akan tetap terbuka lebar.

5. Bisa dapat uang lebih.
Jangan lewatkan fitur Refer Friend ya. Pelamar bisa mendapat uang hanya dengan mengundang teman bergabung di platform ini. Masukkan nama, nomor ponsel, dan alamat email teman yang ingin diajak bergabung. Kalo si teman suatu hari mendapat pekerjaan via Ekrut, maka yang mengajak bergabung akan mendapat poin yang bisa ditukar dengan uang tunai hingga jutaan rupiah. Asyik kan?

Sekarang, semestinya para pencari atau pelamar kerja paham ada cara baru cari kerja yang gak ribet. Tapi, sekali lagi perlu diingat, tantangan pencarian kerja di era kini pun tidak lebih mudah. Tawaran memang makin melimpah, tapi apakah mendapatkannya juga akan semakin mudah? Agaknya Ekrut telah menjawab tantangan cara baru pencarian kerja dengan memberi pelamar lebih banyak peluang untuk dapat ditemukan.

Intinya, platform ini menawarkan penggunaan yang powerfull, sederhana, dan mudah. Pelamar akan menghemat waktu, tenaga, dan uang lantaran tidak perlu membayar sedikitpun. Benar-benar nggak ribet. Yuuks, bagi yang sedang mencari kerja, silakan samperin dan gabung ke situsnya.


(Dinar K Dewi)

Comments

Post a Comment