Tips Mudah Atasi Kulit Berminyak dan Sensitif

- November 14, 2021
advertise here

Perawatan kulit agar bersih dan sehat (foto: pixabay)

 

Kulit berminyak dan sensitif kerapkali menganggu penampilan. Tentu, butuh pemilihan produk yang tepat untuk mengatasi kulit berminyak dan sensitif.

Pemilihan produk haruslah tepat, jika tak ingin tertimpa hal buruk seperti yang dialami beauty influencer, Sabila Aulia Matahari. Kulit menjadi terasa kering, mengelupas, kemerahan, bahkan perih jika terkena air. 

Kini masalah kulitnya mulai berkurang karena pada awal November 2021 ini Sabila punya tips jitu dan mudah untuk mengatasi kulit berminyak dan sensitif.

1.  Hindari kandungan alkohol dan parfum

Skincare yang mengandung alkohol dan parfum harus dihindari karena dapat membuat kulit kering, dehidrasi, dan kemerahan. Namun, perlu diperhatikan juga kadar alkohol dan parfum yang ada di dalam skincare. Sebab, kulit seseorang cenderung memiliki batasan toleransi untuk menerima kedua kandungan tersebut.

2. Perbaiki skin barrier


Memperbaiki skin barrier adalah kunci utama dalam mengatasi kulit berminyak dan sensitif serta tipe kulit lainnya. Wajah akan menjadi tampak lebih sehat jika skin barriernya bagus. Alasannya, merawat kulit yang baik itu harus dari dalam, jadi akan berpengaruh pada kulit bagian luarnya. Ingredients yang cocok untuk memperkuat dan memperbaiki skin barrier adalah Hyaluronic Acid, Niacinamide, Ceramide, dan Allantoin.

3. Skincare mengandung Hyaluronic Acid & Niacinamide


Kandungan Hyaluronic Acid dan Niacinamide adalah hero ingredients untuk kulit berminyak & sensitif. Setelah menggunakan Hyaluronic Acid akan membuat kulit terasa lembab dan terhidrasi. Kedua kandungan itu juga bisa mengatasi masalah jerawat dan bekas jerawatnya.

4. Gunakan Basic Skincare


Penggunaan skincare mulai dari cleanser, toner, serum, dan moisturizer itu penting banget untuk mengatasi semua masalah kulit termasuk kulit berminyak dan sensitif. Jangan lupa juga menggunakan sunscreen di pagi hari dan re-apply. Untuk kulit sensitif, harus pilih skincare yang mengandung Hyaluronic Acid dan Ceramide.

5. Eksfoliasi

Eksfoliasi penting dilakukan untuk membuat kulit tampak lebih halus dan terhindar dari komedo. Chemical exfoliator lebih cocok daripada physical exfoliator untuk kulit sensitif. Karena physical exfoliator seperti menggunakan scrub akan membuat kulit terasa perih dan kemerahan akibat gesekan saat eksfoliasi. Sedangkan, chemical exfoliator bekerja dari dalam. Eksfoliasi wajah secara rutin setidaknya 1 hingga 2 kali dalam sepekan.

6. Double Cleansing


Jangan lupa untuk melakukan double cleansing setiap hari. Meskipun, tidak menggunakan make-up atau tidak ke luar rumah seharian. Sebab, wajah juga bisa terpapar debu, polusi, dan kotoran akibat dari udara yang masuk melalui jendela rumah.

(nnn)

Advertisement advertise here