Menu
Jedadulu

Batman Versi Anime Isekai Ketika Manusia Kelelawar Vs Penjahat Gotham City di Jepang Era Sengoku

Batman Ninja 2018 Era Sengoku

Rating pribadi saya untuk anime ini, Batman Ninja 2018, adalah 9/10, sangat tinggi bukan? Mungkin ada dari kalian yang merasa saya berlebihan memberi rating untuk anime yang sudah tayang sekitar 4  tahun lalu, apalagi ada beberapa situs yang hanya memberi rating 4/10.

Tapi saya menjamin kalian tak akan menyesal untuk menonton anime ini minimal sekali seumur hidup. Jalan ceritanya yang unik dan orisinal dibandingkan cerita animasi Batman lainnya. Ini terlepas dari segala kekurangannya seperti plotnya yang agak absurd ala anime Isekai Time Traveler karena saya kurang suka genre ini.

Film ini memperoleh $ 680.508 dari penjualan DVD domestik dan $2.962.529 dari penjualan Blu-ray domestik, sehingga total pendapatan home video domestik menjadi $3.643.037. Pada tahun 2020, adaptasi manga memenangkan Penghargaan Seiun untuk Komik Terbaik.

Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, Anime Isekai ini Batman Ninja (2018) mendapat peringkat  82% berdasarkan 17 ulasan, dengan peringkat rata-rata 6,6/10.

Rating saya yang sebenarnya sangat subjektif ini karena saya seorang wibu dan Batman adalah karakter superhero favorit saya. Batman adalah superhero pertama yang saya tonton versi animasinya. Ketika ada studio yang menggabungkan dua unsur yang saya suka anime dan Batman saya tak perlu berpikir panjang untuk  menontonnya dan saya sama sekali tak kecewa.

Ketika saya biasanya melihat Batman berhadapan dengan Joker di Kota Gotham Modern sebagai pembunuh berantai, kini saya melihat Batman seperti seorang ksatria yang membebaskan Jepang dari penjahat Gotham di masa depan yang menjadi penguasa tirani yang haus darah. Batman berlaga layaknya film kolosal Jepang atau anime sepeti Gintama,Samurai X dan Naruto. Desain baju Mechanya juga sangat keren, belum lagi kemampuan bela diri Batman membuatnya mampu beradaptasi di zaman para pendekar Jepang bahkan mungkin menyaingi Naruto.

Batman Ninja adalah penghormatan untuk anime. Ini sangat indah, seperti kebanyakan anime. Visual, gaya animasi, detail, dan karakterisasi sangat indah, dan berbicara dengan tingkat waktu dan usaha anime atau ngomong ala ala wibu.

Ada saat, sekitar 3/4 dari jalan sepanjang film, di mana mereka  mengganti gaya seni sepenuhnya. Ini tiba-tiba, dan mengejutkan, dan indah. Saya mengalami kesulitan untuk fokus pada apa yang dilakukan karakter karena art stylenya, itu sangat indah. Saya harus menonton adegan itu beberapa kali, untuk menangkap semuanya. Dan ini jelas banyak adegan penting dan keren.

Batman Ninja (ニンジャバットマン, Ninja Batman ) adalah film superhero animasi Jepang 2018 disutradarai oleh Junpei Mizusaki, diproduksi oleh Warner Bros dan dianimasikan oleh Kamikaze Douga dan YamatoWorks, yang menampilkan karakter  DC Comics Batman. Takashi Okazaki, pencipta Afro Samurai, adalah desainer karakter untuk film tersebut.

Poster pertama terungkap pada 5 Oktober 201, dan trailernya dirilis kemudian pada 1 Desember 2017. Film ini dirilis di Amerika Serikat dalam format digital pada 24 April 2018; itu dirilis dalam format fisik pada tanggal 8 Mei dan dirilis secara teatrikal di Jepang pada tanggal 15 Juni.  Dalam rilis Amerika-nya, penulis Leo Chu dan Eric Garcia telah mengakui untuk menulis ulang film dari naskah asli Jepang yang ditulis oleh Kazuki Nakashima, akhirnya membuat dua versi yang sangat berbeda dari film yang sama.

Film ini menceritakan tentang sebuah mesin pengubah waktu milik Gorilla Grodd yang memindahkan Batman, rekan-rekannya serta super villain ke jaman Feudal Jepang. Masing-masing penjahat menjadi penguasa wilayah dan yang menjadi pimpinan mereka semua adalah Joker.

Senjata dan teknologi canggih yang dimiliki Batman tidak sesuai dengan situasi yang dihadapinya. Terpaksa, Batman harus menggunakan kemampuan fisiknya dan bantuan dari rekan-rekannya untuk menangkap penjahat dan mengembalikan mereka ke masa sekarang.Tampaknya, setiap penjahat lawan manusia kelelawar sudah dikirim kembali ke masa lalu, berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelum Batman tiba.

Saat melawan Gorilla Grodd di Arkham Asylum, Batman ditangkap di mesin perpindahan waktu Quake Engine Grodd dan dikirim ke Jepang feodal . Di sana, dia dikejar oleh samurai yang bekerja untuk Joker.  

Selama pelariannya, Batman bertemu dengan Catwoman , yang mengungkapkan bahwa semua orang tiba dua tahun lebih awal (karena Batman berada di area terluar yang terkena Quake Engine). Dia belajar darinya bahwa semua penjahat top Kota Gotham telah menjadi penguasa feodal setelah menipu Daimyo Sengoku , berjuang satu sama lain sampai hanya satu negara yang tersisa. Untuk menghentikan penjahat mengubah sejarah, Batman dan Catwoman harus pergi ke Quake Engine di Arkham Castle (sebelumnya suaka). Batman menemukan bahwa Alfred Pennyworth juga di masa lalu dan telah membangun gua Bat di luar Edo.

Ketika pasukan Joker menyergap tempat persembunyian itu, Batman menyerbu dengan Batmobile -nya menuju Arkham Castle, yang berubah menjadi benteng robot raksasa. Sama seperti Batman menghadapi Joker, dia terpaksa pergi dan menyelamatkan seorang ibu dan anak dari dihancurkan oleh tangan robot. Dia mengubah Batcycle -nya menjadi setelan lapis baja untuk mengalahkan Sumo Bane dan menghentikan tangan robot, hanya untuk mengetahui bahwa ibu itu adalah Harley Quinn yang menyamar.  

Saat Batman dikelilingi oleh antek-antek Joker, dia tiba-tiba dibawa pergi oleh ninja yang dipimpin oleh Eian dari Klan Kelelawar Hida. Dia mengetahui bahwa Klan Kelelawar membantu Nightwing, Red Hood, Robin , dan Red Robin setelah kedatangan mereka dan klan telah mengikuti ramalan ninja kelelawar asing yang memulihkan ketertiban ke tanah.

Robin memberi Batman undangan dari Grodd ke sumber air panas terdekat. Di sana, Grodd menjelaskan bahwa dia bermaksud mengirim penjahat itu jauh-jauh sehingga dia bisa mengambil Gotham untuk dirinya sendiri, tetapi campur tangan Batman malah mengirim mereka semua ke Jepang feodal. Batman dan Grodd setuju bekerja sama untuk kembali ke Gotham.

Batman, Grodd, Catwoman, Bat-Family, dan Bat Clan melawan Joker dan pasukannya di tepi sungai. Mereka mengalahkan Joker dan Harley, tetapi Grodd menyalahkan Batman, mengungkapkan aliansinya dengan Two-Face sebelum Joker dan Harley melarikan diri dan meledakkan kapal mereka sendiri, membawa Batman bersamanya. Setelah menangkap konverter daya dari Harley, Catwoman mencoba tawar-menawar dengan Grodd untuk membawanya kembali ke Gotham; namun, mereka perlu mendapatkan konverter daya lain dari Penguin, Poison Ivy, dan Deathstroke untuk menyelesaikan Mesin Gempa.  

Dua hari kemudian, Batman pulih dari luka-lukanya dan mendorong Keluarga Kelelawar untuk mempelajari cara ninja mengalahkan Grodd. The Red Hood menemukan Joker dan Harley, tetapi Batman menemukan mereka kehilangan ingatan mereka dari ledakan dan hidup sebagai petani.

Sebulan kemudian, para penjahat memobilisasi robot kastil untuk bertempur di "Field of Hell". Batman memimpin Keluarga Kelelawar dan Klan Kelelawar ke medan perang. Setelah mengalahkan penjahat lainnya, Grodd menempatkan mereka di bawah kendali pikirannya, dengan maksud untuk memerintah negara itu sendiri.

Joker dan Harley, bagaimanapun, menghancurkan pestanya dari atas, merebut kembali kastil mereka dari Grodd. Keluarga Kelelawar menyelamatkan Catwoman dan Grodd sebelum Joker menggabungkan semua kastil menjadi robot super Lord Joker.

Grodd yang terluka memberi Batman kendali atas pasukan monyetnya. Robin memungkinkan mereka untuk bergabung menjadi satu monyet samurai raksasa untuk melawan robot Joker. Monyet samurai kemudian bergabung dengan segerombolan kelelawar untuk membentuk Batgod untuk mengalahkan Lord Joker sebelum Keluarga Kelelawar menyerbu ke dalam kastil untuk melawan para penjahat.  

Joker mengungkapkan kepada Batman bahwa sebagai petani, dia dan Harley menanam bunga khusus yang memicu ingatan mereka kembali begitu mereka mekar. Saat kastil jatuh, Batman dan Joker terlibat dalam pertarungan pedang. Menggunakan keterampilan ninjutsu, Batman mengalahkan Joker. Dengan Joker dan penjahat Gotham dikalahkan, Jepang feodal dikembalikan ke keadaan semula dan Keluarga Kelelawar membawa penjahat kembali ke hari ini.

Klimaks dari film ini adalah pertempuran mekanisme raksasa (di Jepang feodal) dengan segerombolan kelelawar. Alfred, diangkut kembali ke masa lalu, tampaknya berhasil memulihkan, dan menyembunyikan seluruh gudang senjata kelelawar selama beberapa tahun, di sebuah desa kecil Jepang Feodal, termasuk mobil kelelawar.

Jangan tanya dari mana mereka mendapatkan kekuatan untuk semua itu. Jangan. Mobil bat lebih kecil kemungkinannya daripada seorang kepala pelayan Inggris yang tidak diperhatikan di sebuah dusun kecil, dengan gudang senjata sebuah negara kecil yang modern.

Dalam urutan pertengahan kredit, Catwoman menjual senjata dan furnitur dari robot kastil ke toko barang antik, sementara Bruce alias Batman mengendarai Batmobile yang didorong kuda ke pesta yang diselenggarakan oleh walikota.


 

(Damar PY)

Senjata dan teknologi canggih yang dimiliki Batman tidak sesuai dengan situasi yang dihadapinya. 

Terpaksa, Batman harus menggunakan kemampuan fisiknya dan bantuan dari rekan-rekannya untuk menangkap penjahat dan

Senjata dan teknologi canggih yang dimiliki Batman tidak sesuai dengan situasi yang dihadapinya. 

Terpaksa, Batman harus menggunakan kemampuan fisiknya dan bantuan dari rekan-rekannya untuk menangkap penjahat dan mengembalikan mereka ke masa sekarang.  mengembalikan mereka ke masa sekarang.  
 
Film ini menceritakan tentang sebuah mesin pengubah waktu yang dimiliki oleh Gorilla Grodd memindahkan Batman, rekan-rekannya serta super villain ke jaman Feudal Jepang. 
Di sana, masing-masing penjahat menjadi penguasa wilayah dan yang menjadi pimpinan mereka semua adalah Joker.

Sumber: 

- https://www.indozone.id/movie/mns0Qb/sinopsis-film-batman-ninja-2018-batman-di-zaman-feudal-jepang/read-all

- Wikipedia

- Dokumen Pribadi.

 


Tidak ada komentar