Header Ads

Tak Ingin Terjerat Hukum? Ikuti Kursus Online Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah: Gratis

(Firma KM & Partners menjalin kemitraan strategis dalam bidang pembelajaran online dengan PT Education Technology Indonesia/foto: jedadulu.com)

Kasus hukum di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah hingga saat ini masih relatif tinggi. Hal ini paling tidak disebabkan oleh tiga faktor.

Pertama, si pelaku memang berniat jahat. Kedua, si pelaku tidak bisa menolak perintah atasan, dan yang ketiga adalah orang tidak memahami atau tidak tahu prosedur yang benar serta tidak tahu aturan tentang pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Dari ketiga faktor tersebut didominasi oleh ketidakpahaman orang terkait prosedur pengadaan barang/jasa pemerintah sehingga terpaksa orang harus terseret kasus tindak pidana korupsi,” ujar Direktur Utama Firma KM & Partners, Khalid Mustafa, Kamis, 7 Februari 2019.

Atas dasar fakta tersebut, Firma KM & Partners berinisiatif meningkatkan literasi masyarakat terkait teori dan regulasi pengadaan barang/jasa pemerintah. Firma KM & Partners, yang selama ini dikenal sebagai sebuah perusahaan konsultan di bidang pengadaan barang/jasa, kemudian menjalin kemitraan yang strategis di bidang pembelajaran online dengan PT Education Technology Indonesia (IndonesiaX).

Melalui kemitraan strategis ini, IndonesiaX sebagai pemilik platform pendidikan online www.indonesiax.co.id akan menyediakan kursus online mengenai pengadaan barang/jasa pemerintah. Kelas pengelolaan barang/jasa pemerintah yang bisa diakses oleh siapa saja melalui internet tersebut menghadirkan Samsul Ramli, procurenment specialist dan penulis buku nasional tematik pengadaan barang/jasa pemerintah, sebagai pengelola kelas online.

“Kami menggandeng orang yang memang pakar di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah agar peserta kursus online mudah memahaminya. Sebab ini merupakan pengetahuan, ilmu baru yang belum banyak dipahami masyarakat,” kata Khalid di sela penandatanganan kerja sama kedua perusahaan tersebut, Kamis.

Upaya ini dilakukan dengan menggandeng platform IndonesiaX agar pengetahuan tentang pengadaan barang/jasa pemerintah bisa diakses dan dipelajari oleh siapa saja di seluruh pelosok Indonesia. Masyarakat yang berminat tidak perlu membayar biaya kursus online ini. Karena semua materi disediakan oleh Firma KM & Partners bekerja sama dengan IndonesiaX sebagai penyedia fitur platform kursus digital.


Penandatanganan kerja sama bidang pembelajaran online antara Firma KM & Partners dengan PT Education Technology Indonesia (IndonesiaX).

Menurut Khalid, kelas pengadaan barang/jasa yang dikelola perusahaannya juga menyediakan sertifikat sebagai bukti kompetensi pada level tertentu. "Ini untuk kemudian dijadikan bekal mendapatkan sertifikat kompetensi pengadaan yang lebih advance," jelasnya. "Nantinya mereka yang lulus bisa memakai gelar kompetensi Certificate of Procurement Officer (CPOf)."

Samsul mengaku sangat tertarik dan antusias dengan ide kelas pengadaan secara online melalui IndonesiaX. Ia telah lama mendengar reputasi IndonesiaX dalam menginisiasi pembelajaran online. "Banyak tokoh-tokoh besar bergabung. Karena itu, saat Firma KM & Partners menawarkan kesempatan besar ini, saya langsung setuju,” jelasnya.

Dalam kursus pengadaan secara online ini, Samsul telah menyiapkan empat modul yang setara dengan unit kompetensi pengelola pengadaan barang/jasa tingkat pertama. Materinya merupakan kombinasi unit kompetensi standar nasional dan kompetensi dasar International Supply Chain Management.

Presiden Direktur IndonesiaX Lucy Pandjaitan mengatakan, Firma KM & Partners merupakan mitra kerja sama IndonesiaX yang terbaru. Sebelumnya sudah bergabung sejumlah mitra terutama dari kalangan perguruan tinggi seperti UI, ITB, UT, dan juga BNI 46, serta kaum akademisi.

“Kami ingin semua orang bisa mengakses pendidikan, baik yang miskin atau kaya. Karena itu, kami menyediakan platform kursus gratis yang bisa diikuti oleh siapa saja, tanpa ada batasan umur. Intinya kami ingin ada demokratisasi pendidikan di negara ini,” kata Lucy.

IndonesiaX memang menyediakan kursus-kursus berkualitas di platform berbasis online www.indonesiax.co.id yang dapat diakses secara gratis di seluruh pelosok negeri. Sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2015, tercatat lebih dari 300 ribu pembelajar yang telah mengikuti sekitar 36 kursus di platform indonesiax.co.id. Para pembelajar berasal dari 34 provinsi.

Presiden Direktur IndonesiaX Lucy Pandjaitan

Adapun jenis kursus yang sudah ada, antara lain Manajemen Perubahan, Seni Merintis Usaha, Pengantar Kerekayasaan dan Desain, Manajemen Rantai Pasok, Pemasaran Efektif di Era Digital, dan Public Speaking. “IndonesiaX menyambut baik pembuatan video online tentang pengadaan barang dan jasa (PJB) yang bisa diakses secara gratis dari mana pun. Sehingga, melancarkan pengadaan barang dan jasa sesuai prosedur yang ditetapkan pemerintah,” kata Lucy.

Prof Muhammad Nuh, Guru Besar ITS yang juga Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX mengatakan, IndonesiaX dalam usahanya untuk memenuhi kehausan keilmuan, terus berusaha menampilkan para ahli yang prominent dari perguruan tinggi dan lembaga ternama untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

Semua itu, lanjut Menteri Pendidikan Nasional di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ini dilakukan secara masif agar terjadi kapitalisasi pengetahuan untuk mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge based society).

Karena itu, kelas terbaru pengadaan barang/jasa ini tidak hanya dapat diakses oleh pelaku pengadaan barang/jasa pemerintah. Namun, kelas ini juga bisa diakses oleh masyarakat secara luas. Keutamaan kelas pembelajaran IndonesiaX adalah seluruh konten dan proses pembelajaran bersifat gratis.

(Yuwanto)



No comments