Lima Film Fiksi Ilmiah Terbaik 2020

 

Tahun 2020 menjadi tahun penuh harap untuk film fiksi ilmiah (sci-fi). Sayangnya, pandemi corona secara global membuat tahun ini berjalan tidak sesuai harapan.

Beberapa film fiksi ilmiah terbesar, seperti adaptasi baru dari Frank Herbert Dune harus diundur hingga 2021. Meski demikian, ada beberapa cerita fiksi ilmiah hebat yang diproduksi untuk layar lebar. Dari sisi fiksi ilmiah yang lebih konyol hingga sudut yang paling serius, masih ada beberapa kisah hebat tentang alien, teknologi, dan perjalanan waktu untuk menghibur para penggemar pada 2020.

Berikut sejumlah film yang berhubungan dengan elemen sci-fi klasik, termasuk teknologi canggih, alien, dan perjalanan luar angkasa. Dilansir Cinema Blend, akhir Desember 22020, ada limafilm fiksi ilmiah terbaik 2020.

Tenet 


 

Berbicara tentang mengotak-atik waktu, Tenet ala Christopher Nolan tak perlu dipertanyakan lagi. Ini adalah film terbesar dalam daftar tahun ini, hanya karena menjadi salah satu film terbesar yang keluar pada 2020. Penggemar sangat antusias dengan entri terbaru Christopher Nolan. Ulasan untuk film ini cukup beragam, banyak yang melihatnya sebagai kecemerlangan Christopher Nolan, sementara yang lain melihatnya sebagai sesuatu yang berantakan.

Bill and Ted Face the Music 


 

Film ini didasarkan pada teknologi masa depan (yang sepenuhnya tidak dapat dijelaskan). Bill and Ted Face the Music adalah film yang dibuat selama beberapa dekade. Film mampu menyimpulkan kisah Bill dan Ted dengan cara yang paling baik, lucu, dan menyentuh hati. Ini bukan film terbaik dalam trilogi, bahkan mungkin bukan yang terbaik kedua, tapi film itu sangat pas untuk waktu sekarang ini. Seperti pendahulunya, film ini menggunakan mekanisme perjalanan waktu dengan cara yang sama kreatifnya dengan film perjalanan waktu yang lebih serius.

The Vast of Night 


 

Sebuah film berlatar 1950-an di New Mexico yang berurusan dengan invasi alien. Jika ada buku teks membuat film fiksi ilmiah, mungkin film ini ada di bab satu. The Vast of Night menceritakan tentang beberapa remaja yang memecahkan misteri sinyal radio. Apakah The Vast of Night sebenarnya adalah cerita fiksi atau nyata? Tidak sepenuhnya jelas sampai akhir. Apapun The Vast of Night adalah fiksi ilmiah terbaik, tidak hanya karena elemen klasiknya, tetapi karena cara film itu mengatakan sesuatu tentang dunia yang tercermin dalam ceritanya.

The Invisible Man
 


 

The Invisible Man bukan hanya salah satu film fiksi ilmiah terbaik tahun ini, tetapi kemungkinan juga salah satu film horor terbaik 2020. Di sini, fiksi ilmiah sedikit lebih dari katalisator cerita. Penampilan Elisabeth Moss sebagai seorang wanita yang kehilangan cengkeramannya pada kenyataan begitu memikat. The Invisible Man menjadi salah satu rilis besar terbaik tahun ini, bahkan jika teater tidak tutup.

The Phineas and Ferb: Candace Against The Universe
 


 

Menjadi film fiksi ilmiah tidak berarti bahwa film juga tidak boleh konyol atau animasi, atau keduanya. The Phineas and Ferb: Candace Against the Universe tidak membahas pertanyaan serius tentang kondisi manusia atau tempat kita di alam semesta, seperti kebanyakan genre umumnya. Film itu memang menampilkan alien dan pesawat luar angkasa. Ketika saudara perempuan Phineas dan Ferb diculik oleh alien, mereka berlomba untuk menyelamatkannya. Candance Against the Universe adalah film keluarga yang memiliki elemen-elemen menarik.

(nnn)

1 comment: