Awas, Saat Berciuman, 80 Juta Partikel Bakteri Ditularkan

- Agustus 24, 2021
advertise here

Berciuman (foto: Pixabay)

Berciuman bibir biasanya menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan ketika dua sejoli sedang atau hendak berhubungan intim. Sayangnya, di balik kenikmatannya, aktivitas berciuman ini bisa menjelma sebagai media penularan berbagai penyakit.

Sebuah penelitian bahkan menemukan fakta, satu ciuman bibir selama 10 detik saja mampu menularkan sekitar 80 juta bakteri. Seorang dokter NHS Inggris, Dr Karan Raj, pun menempuh cara populer untuk mengedukasi publik tentang kebersihan diri dan kesehatan tubuh secara umum. Lewat akun TikTok-nya, Agustus 2021, Dr Karan Raj membagikan sederetan gambar kuman yang dekat dengan keseharian manusia. 

Dr Karan Raj lantas membagikan gambar jelas dari bakteri yang ditemukan di lidah manusia. Ia mengingatkan, lain kali, ketika mengecup seseorang dengan bibir, siapa saja saling bertukar 80 juta bakteri. Itu hanya dalam satu kali ciuman loh.

Dr Karan Raj juga membagikan gambar mikroskopis dari bulu sikat gigi. Terdapat plak, kotoran, dan bakteri pada bulu sikat gigi. Ia mengingatkan orang untuk memerhatikan kebersihan sikat gigi dengan memperhatikan gambar tersebut. Ini menjadi pengingat bagi siapa saja agar segera mengganti sikat gigi di waktu yang tepat.

(nnn)

Advertisement advertise here