Lima Tips Sederhana untuk Mempercepat Kinerja Laptop

- November 16, 2021
advertise here

Laptop/ilustrasi (foto: pixabay)

 

Kinerja laptop yang lambat bisa menjadi penyebab utama hilangnya produktivitas dan fokus si pengguna. Hal ini juga bisa membuat pengguna laptop frustrasi ketika berada di tengah pekerjaan penting.

Tetapi, tahan emosi dulu, berikut ada tips sederhana dikutip dari indianexpress.com pada 15 November 2021 yang dapat dicoba untuk membantu peningkatan kinerja pada mesin laptop.


1. Keluar dari latar dan program yang tak digunakan


Latar belakang layar dan program yang tidak digunakan saat ini, tetapi tetap berjalan, adalah alasan utama sumber daya laptop dihabiskan untuk tugas yang salah. Tutup jendela program apa pun yang tidak diperlukan untuk pekerjaan yang ada. Ini sangat berguna terutama jika memiliki mesin laptop yang lebih tua dan tidak terlalu bertenaga.

2. Tutup tab browser yang tidak perlu

Apabila sebuah pekerjaan harus membuka browser setiap saat, sebaiknya tetap menjaga jumlah tab yang terbuka seminimal mungkin jika mesin tidak cukup cepat. Ingatlah bahwa semakin banyak tab yang terbuka di jendela browser, semakin berat beban RAM dan prosesor laptop.

3. Restart laptop

Restart sederhana sesekali dapat membuat laptop tua atau jadul punya kinerja lebih baik. Restart membersihkan memory cache sementara dan memungkinkan laptop untuk memulai secara harfiah. Perhatikan bahwa jika memiliki program yang dimulai bersama dengan Windows, restart saja bisa menjadi kontraproduktif kecuali melakukan sesuatu tentang program tersebut terlebih dahulu.

4. Mengawasi aplikasi startup

Aplikasi startup diam-diam akan menumpuk dari waktu ke waktu dan tidak hanya akan memengaruhi waktu boot laptop, tetapi juga kinerja umumnya. Ini juga berarti sumber daya akan digunakan di belakang program-program ini, mungkin tanpa disadari pengguna laptop. Sebaiknya memeriksa program yang dimulai bersama dengan Windows dengan menekan Ctrl+Shift+Esc untuk membuka pengelola tugas, membuka tampilan yang diperluas, dan menavigasi ke tab startup.

5. Copot program yang tidak diperlukan


Yang ini cukup sederhana tetapi salah satu metode paling efektif untuk membebaskan sumber daya. Jika menemukan sebuah program yang sudah tak dibuka untuk waktu yang lama, mungkin sebaiknya mempertimbangkan menghapus program tersebut. Ini dapat berupa program yang berhubungan dengan pekerjaan, permainan, atau perangkat lunak lainnya.

(nnn)

Advertisement advertise here