Menu
Jedadulu

Piknik yang Cocok untuk Balita, Remaja, Hingga Orang Tua di Lembah Cisadane

Lembah Cisadane (foto: instagram @lembahcisadane).

Hari libur sekolah telah tiba, anak-anak pun biasanya meminta jatah liburan. Pergi ke suatu tempat yang menyenangkan dan mengasyikkan. Sementara, orang tua yang hanya punya dana pas-pasan harus memutar otak menentukan lokasi yang sesuai dengan isi kantong.

Bagi yang tinggal di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sebenarnya tak terlalu sulit untuk menentukan tempat liburan yang murah meriah lantaran lokasi-lokasi liburan yang menarik tersebar di penjuru dan sudut-sudut Jabodetabek. Namun masalahnya tak semua lokasi liburan itu menyediakan paket lengkap yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.

Memang, asalkan jeli, masih ada lokasi wisata di Jabodetabek yang menyediakan paket nyaris lengkap yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Salah satunya mungkin adalah Lembah Cisadane.

Lembah Cisadane berada di kawasan Desa Putat Nutug, Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Waktu tempuh dari Jakarta ataupun Depok pun relatif singkat hanya sekira dua jam.

Ancer-ancer paling gampang menuju lokasi wisata ini adalah Pasar Parung Bogor. Dari Pasar Parung Bogor yang terkenal dengan pohon beringin raksasa berjuluk jubleg, pengunjung tinggal lurus melanjutkan perjalanan ke arah Ciseeng. Butuh waktu sekira 30 menit dari Pasar Parung hingga sampai ke Lembah Cisadane.

Lembah Cisadane buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Tempat parkir kawasan wisata ini lumayan luas. Bisa memuat 100-an mobil. Tarif parkir mobil Rp 10 ribu dan motor Rp 5 ribu. Adapun tiket masuk hari biasa Rp 20 ribu dan akhir pekan alias weekend Rp 25 ribu. Hmn, lumayan ramah untuk isi kantong.

Lembah Cisadane sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga, rekan-rekan, atau pasangan tercinta karena tempatnya family friendly, bahkan untuk bayi dan balita sekalipun. Terdapat beragam fasilitas penunjang dan sejumlah wahana permainan yang bisa dicoba.

Latar belakang pemandangan lembah Sungai Cisadane dan Bukit Munara yang indah juga menjadi spot foto favorit pengunjung. Apalagi tempat wisata ini tepat berada di pinggiran Sungai Cisadane. Gemericik air sungai pun selalu menemani. 

 

Elang terbang di atas Lembah Cisadane (foto: www.jedadulu.com)

Jika beruntung, pengunjung bisa menyaksikan beberapa burung elang liar mengangkasa di atas Lembah Cisadane. Dijamin, seluruh penat selama sekolah dan bekerja bakal hilang kala berwisata ke Lembah Cisadane.

Selain menyuguhkan panorama alam bernuansa lembah, sungai, dan perbukitan, di tempat ini juga terdapat wahana bermain air bagi anak-anak alias waterpark. Bahkan ada waterpark yang dikhususkan bagi anak-anak balita karena memang kolamnya amat dangkal dan bersih.

Bagi pengunjung yang suka kemping, tempat ini juga menyediakan sejumlah tenda dan tikar dengan rumput alami dan sintesis yang cukup luas.


Pemandangan di sudut Lembah Cisadane (foto: www.jedadulu.com)

 

Lembah Cisadane bisa dibilang sebagai taman rekreasi terpadu. Pengunjung bisa bermain air di waterpark, menikmati agrowisata tanaman herbal, outbond, kuliner, hingga ngopi santai di Kopi Kayangan tepat di bibir Sungai Cisadane. Lokasinya pun Instagramable banget.

Sensasi kesejukan udara yang menyegarkan serta pemandangan yang indah dijamin membuat pengunjung bakal betah berlama-lama. Namun tetap saja, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi atau sore hari. Ini karena pas siang hari mulai pukul 11.00 WIB, jika tak sedang mendung atau hujan, cuaca mulai terik. Pengunjung bisa kepanasan lantaran terlalu banyak spot-spot terbuka yang membuat sinar matahari langsung menerpa kulit. 

(nnn)

Tidak ada komentar