Tips Berburu Tiket Pesawat Murah Saat Musim Liburan Tiba

Berburu tiket pesawat murah/ilustrasi. (foto: binus.ac.id/andri)


Tak terasa waktu sudah hampir di pengujung tahun 2023. Satu bulan lagi tahun baru tiba yang juga berarti tibanya masa liburan panjang akhir tahun. 

Sudah tahu mau ke mana liburan nanti? Pergi ke mana pun pergi, mungkin sekarang adalah momen yang tepat untuk mulai menyiapkan rencana liburan akhir tahun nanti. 

Memilih waktu yang terbaik untuk memesan tiket pesawat dan hotel untuk liburan bisa memberi banyak manfaat bagi konsumen, mulai dari biaya yang lebih murah hingga ketersediaan pilihan yang menarik.

Berdasarkan data yang dihimpun sepanjang 2022, Pegipegi merekomendasikan konsumen memesan tiket pada hari kerja, alih-alih akhir pekan. Harga tiket pesawat pada Senin-Jumat bisa lebih murah sekitar 3 persen hingga 6 persen dibandingkan pada akhir pekan

Jika ingin naik pesawat, platform perjalanan daring itu menyarankan konsumen memesan tiket minimal lima hari sebelum keberangkatan. Memesan tiket sejak jauh hari diyakini bisa menghemat biaya 10 persen hingga 25 persen dan menghindari harga naik tiba-tiba. Selain itu, konsumen juga bisa memilih penerbangan yang sesuai dengan keinginan.

Harga tiket pesawat cenderung lebih murah pada low season alias hari-hari biasa, dibandingkan saat peak season atau musim liburan.

Tiket pesawat pada Februari, September, dan Oktober cenderung lebih murah 15 persen hingga 30 persen dibandingkan bulan lain. Pemesanan hotel pun sebaiknya dilakukan 20 hari sebelum tanggal menginap supaya bisa hemat sekitar 10 persen. Jika terpaksa memesan mendadak, lakukan pada Minggu dan Senin, karena konsumen bisa mendapatkan harga 5 persen hingga 10 persen lebih murah.

Pemesanan hotel mendadak cenderung mahal pada Jumat dan Sabtu. Sama seperti tiket pesawat, harga kamar hotel lebih murah pada low season, bisa 8 persen hingga 10 persen lebih murah dibanding bulan lainnya. Musim nonliburan untuk pemesanan hotel biasanya berlangsung pada Juli, Agustus, dan September. Berdasarkan data internal PegiPegi, tercatat harga hotel di Yogyakarta bisa naik sampai 36 persen saat musim liburan.

Agar tak ragu dan bingung lagi, berikut tips berburu tiket pesawat dan kamar hotel untuk liburan akhir tahun.

1. Pesan jauh-jauh hari

Liburan akan bebas worry jika kita merencanakannya jauh-jauh hari. Hal yang sama juga berlaku saat membeli tiket pesawat dan booking kamar hotel. 

Alasannya adalah harga kemungkinan lebih mahal jika kita memesan tiket mepet dengan tanggal keberangkatan. "Merencanakan sekitar 3-6 bulan sebelumnya merupakan pilihan yang aman," kata general manager situs pemesanan tiket online Klook, Sarah Wan. "Itu akan memungkinkan wisatawan untuk mendapatkan penawaran terbaik dan merencanakan ke depan."

Bahkan menurut laporan Channel News Asia, memesan tiket pesawat pada momen yang tepat dapat menghemat hampir 25 persen. Terbang pada hari Selasa dan Kamis adalah pilihan yang murah, sedangkan akhir pekan antara Jumat dan Sabtu bisa sangat mahal.

2. Membandingkan harga tiket di beberapa aplikasi 

Setiap aplikasi pembelian tiket pesawat menawarkan harga yang berbeda-beda. Untuk itu, jangan terfokus pada satu aplikasi saja. Cobalah untuk melihat beberapa aplikasi dan bandingkan mana harga yang paling murah untuk membeli tiket.

Jangan terburu-buru mengeklik tombol "pesan" sebelum membandingkan harga tiket setiap maskapai untuk tanggal keberangkatan dan rute yang sama. Sebab, setiap maskapai mematok harga yang bersaing, bahkan promo, yang bisa kita manfaatkan.

3. Memanfaatkan promo

Saat musim liburan panjang bagi Anak sekolah, sejumlah maskapai biasanya akan menawarkan promo menarik bagi para pelanggan. Oleh karena itu, memanfaatkan promo baik dari maskapai, aplikasi beli tiket pesawat, promo bank, dan lainnya bisa dilakukan.

Di momen liburan panjang biasanya maskapai pelat merah maupun swasta nasional ada yang menawarkan promo bagi pelajar, anak-anak berusia di bawah 12 tahun ataupun lansia di atas 65 tahun untuk mendapatkan potongan harga tiket pesawat. Promo tersebut tentunya perlu dimanfaatkan apabila hendak bepergian ke destinasi lokal maupun luar negeri dengan harga murah.

4. Memilih maskapai low budget

Saat ini sudah banyak maskapai penerbangan bertarif rendah yang lebih ramah di kantong, terutama bagi yang ingin bepergian bersama dengan keluarga. Meskipun fasilitasnya terbatas, maskapai dengan tarif yang lebih murah ini dapat menjadi opsi.

5. Pilih bandara sekunder atau penerbangan tidak langsung

Beberapa destinasi memiliki bandara sekunder yang memiliki perbedaan luas dan mungkin kedekatan dengan kota. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan juga agar tiket pesawatnya menjadi lebih rendah. Atau pilih rute transit karena biasanya akan lebih murah ketimbang membeli tiket penerbangan langsung. 

Cara tersebut dapat dilakukan jika kita punya banyak waktu luang. Biasanya maskapai menetapkan kota-kota besar di dunia sebagai lokasi transit untuk rute internasional.

6. Pakai kartu kredit

Kartu kredit adalah alternatif lain untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah. Jika bank berafiliasi dengan maskapai, kita dapat mengumpulkan poin saat bepergian. 

Setelah terkumpul banyak, poin dapat memberikan potongan bagi harga tiket pesawat atau promo lainnya. Selain itu, situs pemesanan tiket ada yang menyediakan beberapa pilihan kredit dan sistem pembayaran yang membantu memesan tiket murah.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk berburu tiket pesawat dan booking hotel saat musim liburan tiba. Bersiap lebih awal akan membuat rencana liburan tersusun rapi sehingga terhindar dari hectic day yang tak perlu.


(Sumber: caricuan.republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.