Trio Asus Zenbook 13, 14, dan 15, Desain Tertipis untuk Sosok Dinamis


Tren laptop tipis dengan bobot ringan saat ini menjadi pilihan banyak orang. Selain mendukung penampilan, laptop tipis juga memberikan banyak keuntungan, terutama bagi orang yang sehari-hari aktif seperti saya.

Apalagi saat bepergian sehari-hari, saya termasuk yang terbiasa membawa banyak barang sehingga memasukkan laptop tipis dan ringan dalam tas tentu tidak akan mengganggu kenyamanan saat saya beraktivitas.

Sudah menjadi rahasia umum, semua orang menginginkan laptop yang tipis, ringan, dan ringkas. Ringkas bukan berarti tipis karena banyak sekali laptop tipis namun masih memiliki dimensi yang besar. Salah satu penyebab utamanya adalah layar laptop yang seringkali memiliki desain dengan bezel lebar, membuat ukuran bodinya ikut melebar. Akibatnya, laptop menjadi tidak bisa dibilang ringkas dan memerlukan ruang ekstra untuk menyimpan atau membawanya.

Untunglah, di awal tahun 2019 ini tepatnya 17 Januari, Asus merilis seri laptop terbarunya di Indonesia. Laptop terbaru yang dirilis oleh Asus kali ini adalah Zenbook 13 (UX333),  Zenbook 14 (UX433), dan Zenbook 15 (UX533). Ketiganya memiliki desain bezel layar yang tipis dengan desain frameless Nano Edge Display. Keren!

Meskipun ketiga laptop ini sama-sama memiliki ukuran setipis kertas, namun tentu saja ada perbedaan pada ketiganya. Perbedaan yang paling terlihat terletak pada ukuran layarnya. Layar pada Asus Zenbook 13 berukuran 13,3 inci, Zenbook 14 berukuran 14 inci, dan Zenbook 15 berukuran 15,4 inci. Semuanya memiliki desain yang sangat ringkas dan tipis. Bahkan untuk varian 13,3 inci dan 14 inci, ukurannya lebih kecil daripada selembar kertas A4.

Saya mengenal produk Asus kali pertama pada 2008 silam. Saat itu suami saya yang bekerja di sebuah perusahaan swasta mendapat jatah laptop kantor, netbook Asus Eee. Sempat tertawa kalau mengingat namanya, Asus Eee. Eits tapi jangan salah, meski bentuknya kecil, harganya murah, dan terkesan seperti laptop mainan, netbook ini bandel dan sangat fungsional.

Hampir tujuh tahun suami saya menggunakan laptop ini. Termasuk saya dan anak saya yang sesekali pinjam laptop suami. Kami berhenti memakai laptop itu bukan karena rusak, tapi karena laptopnya harus dikembalikan ke kantor untuk peremajaan. Sejak itu, saya selalu merekomendasikan ke teman-teman yang sedang mencari laptop, betapa bagusnya produk-produk dari Asus ini.



Standar Baru Laptop Ultraportable


Sebagai produsen laptop terkemuka, Asus agaknya terus mengembangkan cara agar laptop tidak hanya semakin tipis, tetapi juga semakin ringkas. Solusi yang ditawarkan kali ini adalah melalui teknologi eksklusif Nano Edge Display yang membuat bezel pada empat sisi layar laptop dapat dibuat dengan ukuran hanya 2,8 milimeter hingga 5,9 milimeter.

Ukuran tersebut jauh lebih kecil dibandingkan laptop konvensional yang bezelnya bisa mencapai 20 milimeter. Ini sesuatu yang mungkin belum pernah dicapai oleh produsen laptop lain saat ini.

Berkat Nano Edge Display ini, jajaran ZenBook Classic terbaru, yaitu UX333, UX433, dan UX533 memiliki bodi yang lebih ringkas dibandingkan dengan laptop sekelasnya saat ini. Nano Edge Display juga membuat laptop tersebut memiliki screen-to-body ratio yang sangat tinggi, yaitu mencapai 95 persen sehingga layarnya terlihat lebih lega dan hampir tanpa batas.

Layar jajaran ZenBook Classic terbaru mengusung resolusi Full HD (1920x1080 pixel) dengan tingkat reproduksi warna tinggi, yaitu mencapai 100 persen dalam color space sRGB. Layar tersebut juga memiliki sudut penglihatan (viewing angle) yang sangat lebar, yaitu mencapai 178 derajat dan telah dilengkapi dengan berbagai teknologi visual eksklusif, seperti Asus Splendid dan Asus Tru2Life Video untuk pengalaman visual sempurna.

Asus NumberPad yang Unik


Pembeda utama pada layar ZenBook Classic terbaru kali ini adalah ukurannya. ZenBook UX333 mengusung layar 13 inci dan ZenBook UX433 mengusung layar 14 inci. Kedua laptop ini dilengkapi dengan fitur unik NumberPad, yaitu tombol numpad yang terintegrasi dengan touchpad.

Mungkin sebelumnya sudah ada yang pernah mendengar atau melihat ZenBook Pro 15 UX580 yang dilengkapi layar kedua di area touchpad-nya, maka kali ini Asus menghadirkan tambahan numpad Asus NumberPad pada touchpad ZenBook 13, 14, dan 15.

Dengan menekan tombol yang ada di pojokan, NumberPad akan muncul melalui lampu LED yang telah terintegrasi dengan touchpad. Asus NumberPad ini bisa digunakan layaknya sebuah numpad biasa untuk mengetikkan angka dengan lebih cepat. Sementara, ZenBook UX533 mengusung layar 15 inci dan dilengkapi dengan tombol numpad fisik.


NanoEdge display bukanlah satu-satunya teknologi eksklusif di laptop ini. Asus juga menyertakan jajaran ZenBook Classic terbaru dengan teknologi ErgoLift Design. Teknologi ini membuat bodi tiga ZenBook Classic terbaru menjadi terangkat dan membentuk sudut 3 derajat. Posisi tersebut membuat jajaran ZenBook Classic terbaru kali ini semakin ergonomis dan nyaman untuk mengetik.

Tidak hanya itu, keyboard seri ZenBook Classic terbaru ini dirancang secara khusus agar penggunanya semakin nyaman ketika mengetik. Asus menghadirkan full-size backlit keyboard yang menghadirkan pengalaman mengetik lebih nyaman dari sebelumnya.

Menggunakan key travel sejauh 1,4 milimeter, setiap tombol pada jajaran laptop ZenBook Classic terbaru terasa sangat nyaman ketika ditekan. Ditambah LED backlit, mengetik menggunakan laptop ini pun menjadi tetap nyaman meski dalam keadaan gelap.

Kembali ke ErgoLift Design, posisi bodi dengan sudut 3 derajat juga memberikan keuntungan lain. Karena bodinya terangkat, jajaran ZenBook Classic terbaru ini menjadi memiliki rongga ekstra di bawah bodinya ketika digunakan. Rongga ekstra tersebut membuat sirkulasi udara semakin lancar sehingga suhu komponen menjadi lebih terjaga. Selain itu, rongga tersebut juga membantu speaker pada laptop ini menghadirkan performa audio yang lebih baik.

Spesifikasi Premium tanpa Kompromi


Meski ZenBook UX333 merupakan laptop 13 inci paling ringkas di dunia, spesifikasi yang diusung oleh laptop ini dapat disandingkan dengan laptop premium yang ukurannya lebih besar. Ditenagai oleh prosesor kencang Intel Core generasi ke-8, ZenBook UX333 sangat ideal untuk digunakan bekerja serta sebagai pusat hiburan.


Asus juga menyematkan discrete GPU NVIDIA ke dalam laptop ini. GPU tersebut membuat seri ZenBook Classic terbaru semakin powerful dalam hal performa grafis. GPU tersebut juga memastikan pengalaman visual yang jauh lebih baik ketimbang laptop yang hanya menggunakan integrated GPU.

Tak tanggung-tanggung, untuk ZenBook UX533, Asus menyematkan GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q. Menggunakan GPU powerful tersebut, ZenBook UX533 dapat diandalkan untuk menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra seperti video editor. Selain itu, GTX 1050 Max-Q juga membuat ZenBook UX533 bisa menjalankan berbagai game.

Sementara di ZenBook UX333 dan UX433, Asus menghadirkan GPU NVDIA MX150 yang sangat mumpuni untuk menemani kebutuhan bekerja dan hiburan sehari-hari. GPU ini juga sangat hemat daya dan membuat kedua laptop ini bisa menemani penggunanya seharian.

Performa jajaran ZenBook Classic terbaru ini semakin optimal berkat penggunaan NVMe SSD sebesar 512GB. NVMe SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat dibandingkan SSD SATA standar. Ditemani dengan RAM berkapasitas hingga 16GB, seri ZenBook Classic terbaru ini dipastikan akan bisa menemani segala aktivitas sehari-hari penggunanya.

Ekstra Aman dengan Konektivitas Lengkap


ASUS ZenBook UX333, UX433, dan UX533 merupakan salah satu lini laptop yang dibekali dengan sistem keamanan menggunakan face recognition (sistem pengenal wajah) yang terintegrasi dengan Windows Hello. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk masuk ke dalam sistem tanpa harus memasukkan password atau pun PIN.

Sistem pengenal wajah ini menggunakan kamera inframerah khusus yang dapat memindai wajah secara akurat. Bahkan, kamera di seri ZenBook Classic terbaru ini masih dapat mengenali penggunanya meski menggunakan aksesori seperti topi atau kacamata. Sistem keamanan ini membuat seri ZenBook Classic terbaru lebih aman sekaligus mudah digunakan.

Selain hadir dengan sistem keamanan yang lebih baik, seri ZenBook Classic terbaru kali ini juga hadir dengan fitur konektivitas yang lengkap. Seri ZenBook Classic terbaru mengandalkan dual-band WiFi 802.11ac (2x2) untuk koneksi cepat dan stabil.

Melengkapi konektivitas nirkabelnya ada pula Bluetooth 5.0 yang bisa digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat eksternal. Sementara, konektivitas melalui kabel pada jajaran laptop ini disokong oleh serangkaian port mulai dari USB Type-A dan Type-C, HDMI, hingga combo-audio jack untuk kebutuhan data, audio, dan video.

Tangguh, Bersertifikasi Military Grade


Seri ZenBook terbaru sudah mengantongi sertifikasi Military Grade MIL-STD-810G. Ini menandakan bahwa laptop ini memiliki durabilitas tinggi.

Selain lolos standar uji ketahanan internal ASUS, jajaran laptop terbaru ini juga lolos berbagai pengujian ekstrem, termasuk pengujian pada ketinggian dan kelembapan ekstrem. ZenBook merupakan laptop ultra-tangguh sekaligus ultra-portabel yang tepat untuk para profesional on-the-go.

Kolaborasi Eksklusif dengan Sebastian Gunawan


Sejak pertama kali diperkenalkan, ZenBook merupakan seri laptop yang tidak hanya mengedepankan performa dan fitur, tetapi juga estetika. Untuk itulah Asus berkolaborasi dengan desainer fashion ternama Sebastian Gunawan. Dalam kolaborasi kali ini, Asus menghadirkan tas ZenBook yang didesain secara eksklusif oleh Sebastian Gunawan. Wah, sangat cocok buat Kaum Hawa seperti saya.

Pembeli ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan ZenBook 15 UX533 pada periode 17 Januari hingga 17 Februari 2019 berkesempatan untuk mendapatkan tas eksklusif ini secara cuma-cuma selama persediaan terbatas. Untuk mengklaim, pembeli dapat mengunjungi situs Asus dan memasukkan kode serial number dari perangkat yang dibeli.


Pembeli juga bisa mendapatkan tas eksklusif ini secara langsung (selama persediaan masih ada) jika membeli ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, atau ZenBook 15 UX533 pada periode promosi di Asus Exclusive Store.

Dengan berbagai keunggulan serta fitur menarik yang ditawarkan dalam bodi yang sangat ringkas, berapa harga keluarga ZenBook 13, 14, dan 15 ini? ZenBook 13 dan 14 akan tersedia dalam beberapa varian dijual dengan harga mulai dari Rp 15.299.000. Sementara ZenBook 15 hanya akan tersedia dalam satu varian dan dijual dengan harga Rp 26.999.000.

Duh, bikin ngiler saja nih laptop produk terbaru Asus. Gak bakalan rugi deh beli produk yang satu ini. Saya pun (jangan ditanya) pasti pengen banget. Apalagi kalau ada yang mau kasih gratis hehehe….Biar nggak pinjam laptop punya kantor suami saya terus kalo sedang bikin tulisan di blog.

(Dinar K Dewi)




Spesifikasi Produk

Main Specification
ASUS ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, ZenBook 15 UX533
CPU
Intel Core i5 8265U Quad Core Processor (6M Cache, up to 3.4GHz)
Intel Core i7 8565U Quad Core Processor (8M Cache, up to 4.6GHz)
Operating System
Windows 10 Home
Memory
Up to 16GB LPDDR3 RAM
Storage
Up to 512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display
13,3” (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display (UX333)
14” (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display (UX433)
15,6” (16:9) FHD (1920x1080) with NanoEdge Display (UX533)
Graphics
Discrete graphics NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q (UX533)
Discrete graphics NVIDIA GeForce MX150 (UX333 & UX433)
Integrated Intel UHD Graphics 620
Input/Output
1 x USB3.1 Type-C (GEN 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 2), 1x USB 3.1 Type-A (Gen 1), 1 x HDMI, 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x MicroSD Card Reader
Camera
HD IR/RGB Combo Camera
Connectivity
Dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi, Bluetooth 5.0
Audio
Harman Kardon certified audio system with ASUS SonicMaster surround-sound technology, Array microphone with Cortana voice-recognition support
Battery
50WHrs 3-cell battery (UX333 & UX433)
73WHrs 4-cell battery (UX533)
Dimension
(WxDxH) 302 x 189 x 16,9 mm (UX333)
(WxDxH) 319 x 199 x 15,9 mm (UX433)
(WxDxH) 354 x 220 x 17,9 mm (UX533)
Weight
1,19Kg with Battery (UX333 & UX433)
1,67Kg with Battery (UX533)
Colors
Royal Blue, Icicle Silver, Burgundy Red
Price
Start from Rp15.299.000
Warranty
2 tahun garansi global

Sumber: http://www.bloggerien.com


Daftar Asus Exclusive Store di Seluruh Indonesia

Kota
Nama
Lokasi
Medan
Plaza IT
Sun Plaza LG - Medan
Medan
Softcom
Plaza Medan Fair Lt 4 - Medan
Yogyakarta
CV Kana
Jogjatronik Lt 2 Jl. Brigjen Katamso No. 77 - Yogyakarta
Jakarta
IT Gallery
Mall Taman Anggrek Lt 3 E10 – Jakarta
Jakarta
MEGACOM
Mangga Dua Mall Lt. 4 No 6 – Jakarta
Jakarta
Victory
Mangga Dua Mall Lt. 3 No 10A – Jakarta
Jakarta
Sinar Bintang
Mangga Dua Mall Lt. 3 No 15B – Jakarta
Jakarta
JIIFO
Harco Mangga Dua Lt 1 Blok B No. 88
Jakarta
Mitra Sentosa
Harco Mangga Dua Lt 1 Blok B No. 86
Jakarta
Istana Computer
Ratu Plaza Lt 3 No. 16 - Jakarta
loading...