21 Penerbit Indie Murah atau Gratis

Salah satu tren perbukuan ke depan adalah maraknya penerbitan mandiri. Mengapa? Ya, karena sekarang menerbitkan buku sendiri sudah sedemikian mudahnya.

Selain itu, banyak manfaat yang bisa diambil, selain juga potensi bisnisnya yang lumayan. Kehadiran layanan self publishing dan independent publishing alias penerbit indie juga telah menjadi oase baru bagi para penulis pemula di Indonesia yang bermimpi membukukan tulisannya.

Sebelumnya, antusiasme dan kreativitas penulis pemula untuk mempublikasikan karyanya selama ini kerap terbentur dengan masalah klasik di dunia penerbitan, terutama di penerbit mayor, seperti Gramedia, Republika, dan Mizan. Mulai dari mahalnya ongkos cetak buku, seleksi ketat dan standar editorial oleh penerbit besar, hingga kecilnya royalti bagi penulis.

Kendala-kendala inilah yang mendorong banyak penulis terutama penulis pemula memilih menerbitkan buku secara mandiri atau self publishing. Atau adapula yang menyerahkan naskah ke penerbit indie.

Penerbit indie biasanya menerima semua karya penulis tanpa terkecuali asal tidak mengandung pornografi, kekerasan, dan unsur SARA. Karya si penulis akan diterbitkan tanpa kendala dan harga pun seringkali ditentukan oleh penulis. Hal ini juga agar penulis mengetahui keuntungan yang didapat jika bukunya terjual.

Penerbit indie umumnya menerima semua naskah dengan menggunakan situs sebagai media pengiriman naskah dari penulis ke penerbit. Walaupun terlihat sederhana, penerbit ini tidak kalah dari penerbit mayor. Tak jarang penerbit indie mencetak buku dengan kualitas super, pelayanan yang sangat baik, dan bahkan pengurusan ISBN ke Perpusda dan Perpusnas. Ongkos menerbitkan buku di sini terbilang murah bahkan ada pula yang menggratiskan semuanya.

Berikut penerbit (self-publisher/indie) yang menerima semua karya orisinil penulis pemula hingga ahli.

1. Diandracreative.com 

2. Nulisbuku.com 

3. Guepedia.com 

4. Nanopedia.com 

5. Penerbitbuku.com 

6. Halamanmoeka.com 

7. Jejakpublisher.com 

8. Penerbitbukudeepublish.com 

9. Inspocreative  

10.Asrifa.com 

11.Bukuindie.com 

12.Pustakapedia.com 

13.Penerbituwais.com 

14.Indivamediakreasi.com 

15.Aepublishing.id 

16. Mizanstore.com

17. Leutikaprio.com

18. Mujahidpress.com

19. Penerbitgarudhawaca.com

20. Stilettobook.com

21. Manenobooks.com 

(nnn)

No comments