Menu
Jedadulu

Ini 7 Makanan dan Minuman yang Bisa Bantu Redakan Kecemasan dan Stres

Minum teh bisa bantu redakan kecemasan dan stres (foto: pixabay).

 

Makanan sering kali menjadi pelarian ketika seseorang sedang merasa stres dan cemas. Sayangnya, tak jarang orang-orang memilih makanan yang kurang sehat untuk meredakan kecemasan, seperti fast food atau makanan instan tanpa gizi.

Ahli gizi dari New Delhi, India, Vidhi Chawla menyatakan, ada beberapa pilihan asupan sehat yang bisa membantu menurunkan kecemasan dan depresi. Makanan dan minuman ini tak hanya menyehatkan dan bergizi, tetapi juga lezat.

Berikut ini tujuh rekomendasi asupan bergizi untuk meringankan kecemasan dari Vidhi seperti dilansir PinkVilla, awal Februari 2022.

- Teh

Sebagian orang kerap lari ke minuman beralkohol atau minuman manis ketika merasa cemas. Kedua minuman ini sebenarnya tak membantu meredakan kecemasan dan berpotensi memberi pengaruh buruk.

Teh bisa menjadi minuman alternatif yang dapat membantu. Teh lavender dan teh hijau mengandung antioksidan yang dapat menenangkan saraf-saraf. Manfaat lain dari minum teh adalah mempermudah tidur dan membantu detoksifikasi.

- Cokelat

Jenis cokelat yang dapat membantu meringankan kecemasan adalah dark chocolate atau cokelat hitam. Jenis cokelat ini mengandung antioksidan yang memberikan manfaat baik dalam meredakan kecemasan.

- Kacang

Beragam jenis kacang-kacangan seperti kenari dan almond diketahui merupakan sumber antioksidan sekaligus protein yang baik. Kacang juga mengandung magnesium yang membantu neurotransmiter tubuh dan menunjang fungsi otak.

- Beri

Saat merasa cemas, sebagian orang kerap merasa ingin memakan sesuatu yang manis. Hal ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi buah beri. Selain memiliki rasa yang manis, buah beri kaya antioksidan dan vitamin C.

- Buah dan Sayuran mengandung Vitamin C

Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, limau, dan anggur bisa membantu meredakan stres dan kecemasan. Selain buah, beragam sayuran kaya vitamin C seperti bayam, selada, peterseli, dan kubis juga bisa membantu.

- Ikan

Sebagian jenis ikan seperti sardin dan salmon bisa memberikan manfaat bagi orang-orang yang mengalami kecemasan. Ikan-ikan tersebut bisa membantu karena mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, yang dapat membantu memelihara fungsi kognitif otak dan menyeimbangkan hormon. Hal ini akan berimbas pada kesehatan mental yang lebih terjaga.

- Yoghurt

Kandungan probiotik di dalam yoghurt dapat membantu dalam mengurangi masalah kecemasan dan depresi. Yoghurt bisa menjadi pilihan yang baik saat merasa cemas, selama tak ada alergi terhadap produk susu. 

(nnn)

Tidak ada komentar