Menu
Jedadulu

Lowongan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022, tak Sekadar Dapat Bantuan Biaya Pendidikan

Pertamina Foundation kembali membuka Beasiswa Pertamina Sobat Bumi untuk mahasiswa S1.


Pertamina Foundation kembali membuka Beasiswa Pertamina Sobat Bumi untuk mahasiswa S1. Pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi dibuka mulai 17 Maret 2022 hingga 17 April 2022.

Dikutip dari laman pertaminafoundation.org, Beasiswa Pertamina Sobat Bumi merupakan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi S1 Reguler merupakan bagian dari Beasiswa PFprestasi. Selain Beasiswa Sobat Bumi, ada pula Beasiswa Pertamina Afirmasi Daerah Operasi, Beasiswa Pertamina Vokasi, dan Beasiswa Pertamina Peduli. 

Gambaran Beasiswa PF Prestasi Khusus yaitu program pemberian bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya hidup, stimulan bantuan aksi sobat bumi dan/atau bantuan pendukung lain dalam rangka kegiatan pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada siswa/mahasiswa/masyarakat dengan berdasar kebijakan khusus dan persetujuan pimpinan Yayasan Pertamina.

Bentuk Bantuan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi:

- Bantuan biaya pendidikan merupakan bantuan untuk pembayaran
- Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Perguruan Tinggi termasuk pembayaran praktikum, buku dan pembinaan mahasiswa
- Bantuan biaya hidup, merupakan bantuan pendukung untuk kegiatan pendidikan.
- Pemberian bantuan biaya hidup melekat dengan bantuan biaya pendidikan. Dalam hal mahasiswa/ mahasiswi mengajukan cuti kuliah sehingga tidak mendapatkan pembiayaan beasiswa pendidikan maka biaya hidup juga akan dihentikan sampai mahasiswa menyelesaikan cutinya
- Bantuan kegiatan Aksi Sobat Bumi. Penerima beasiswa diwajibkan untuk aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial, pelestarian lingkungan dan berkontribusi positif terhadap perbaikan lingkungan sekitar. Diberikan bantuan yang bersifat stimulan dengan besaran disesuaikan kemampuan Pertamina Foundation untuk kegiatan green living dan environmental sustainability yang dapat dilakukan secara perseorangan maupun berkelompok
- Training Capacity Building. Penerima beasiswa akan mendapatkan training pengembangan individual yang dikoordinir oleh Pertamina Foundation mengenai pengetahuan, motivasi, ketrampilan, maupun pengembangan organisasi seperti pengembangan jaringan, leadership, dan lain lain.
- Gathering Sobat Bumi (atau kegiatan sejenisnya). Penerima beasiswa wajib mengikuti kegiatan yang berupa orientasi/ pengenalan beasiswa dan sobat bumi, kegiatan aksi sobat bumi, dan team building.

Persyaratan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi:

- Mahasiswa S1 aktif minimal sedang menempuh semester II
- IP atau IPK sampai semester II adalah ≥ 3,0 skala 4
- Aktif ikut organisasi/ kegiatan sosial kemasyarakatan/ lingkungan hidup
- Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun
- Tidak pernah terlibat penyalahgunaan obat terlarang/ narkoba, dan kegiatan tindak kriminal lainnyaMembuat karya tulis, dengan tema: “Berbagi Pengalamanku dalam Aksi Solidaritas Covid-19, dan Rencana Aksi Recovery Covid-19” dengan ketentuan minimal 3 halaman quarto spasi 1,5
- Kuliah di kampus mitra Pertamina Foundation.

Daftar Kampus Mitra Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022:

1. Universitas Sumatera Utara (USU)
2. Universitas Sriwijaya (Unsri)
3. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)
4. Universitas Hasanuddin (Unhas)
5. Universitas Pattimura (Unpatti)
6. Institut Teknologi Sumatera (Itera)
7. Universitas Udayana (Unud)
8. Universitas Gadjah Mada (UGM)
9. Institut Teknologi Bandung (ITB)
10. Universitas Indonesia (UI)
11. Universitas Diponegoro (Undip)
12. Universitas Brawijaya (UB)
13. Universitas Airlangga (Unair)
14. Universitas Pertamina
15. IPB University
16. Universitas Tirtayasa (Untirta)
17. Universitas Sebelas Maret (UNS)
18. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
19. Universitas Singaperbangsa
20. Universitas Cenderawasih (Uncen)
21. Universitas Papua (Unipa)

Jika berminat, bisa melakukan pendaftaran secara online di laman: https://beasiswa.pertaminafoundation.org


(nnn)


Tidak ada komentar