Menu
Jedadulu

Ini Dia Anime-Anime Mecha Terbaik Sepanjang 2022

Anime Mecha Neon Genesis Evangelion.
 

Genre anime Mecha biasanya memuat pertarungan antarrobot raksasa. Dikutip dari Wikipedia, istilah mecha (bahasa Jepang: メカ Hepburn: meka) merujuk kepada gagasan ilmiah dan genre fiksi ilmiah yang terpusat pada robot atau mesin raksasa yang dikendalikan oleh manusia.

Mecha biasanya digambarkan sebagai robot peranti bergerak humanoid. Istilah tersebut mula-mula dipakai dalam bahasa Jepang (meka) yang diambil dari padanan Inggrisnya mekanikaru ('mekanikal'), tetapi pengertiannya dalam bahasa Jepang bersifat lebih inklusif, dan "robot" (robotto) atau "robot raksasa" adalah istilah yang dipersempit.

Dari sekian ratus (atau mungkin ribuan) judul anime mecha yang ada, pasti ada beberapa di antaranya yang bisa dianggap sebagai serial anime mecha terbaik, seperti Gundam dan Evangelion, karena ceritanya yang cukup berat, membahas tema hidup dan mati, serta juga konsep "mecha" yang sangat tidak biasa dan melampaui zamannya.

Ada anime mecha yang menarik karena selain pertarungan antarrobot, anime ini juga menjelaskan bagaimana merancang robot dan membuatnya. Lantas, apa saja judul anime mecha terbaik pada 2022 ini? Yuk langsung saja simak!

1. Neon Genesis Evangelion

Neon Genesis Evangelion bercerita tentang seorang remaja laki-laki bernama Shinji Ikari yang direkrut oleh ayahnya sebagai pilot untuk EVA. Anime berlatar pasca apokaliptik, dunia sedang diserang oleh para mahkluk raksasa bernama Angel.

Anime dan manga karya Hideaki Anno terus diproduksi hingga tahun 2021. Anime Neon Genesis Evangelion pertama kali diproduksi oleh Gainax dan disiarkan sejak 4 Oktober 1995 hingga 27 Maret 1996 oleh TV Tokyo.

2. Darling in the FranXX

Darling in the Franxx adalah sebuah serial anime televisi bergenre fiksi ilmiah yang diproduksi bersama oleh Trigger dan CloverWorks dan tayang perdana pada 13 Januari 2018. Anime ini diumumkan pada Juli 2017 saat panel Trigger dalam Anime Expo 2017 berlangsung.

Darling in the FranXX menceritakan kisah dari dua karakter utama Zero Two (pilot FranXX berdarah campuran Kyouryuu) dan Hiro (parasite yang tidak memiliki bakat untuk menjadi pilot FranXX). Anime mengambil latar dunia masa depan yang dilanda krisis ketika umat manusia hanya hidup dalam sangkar Mistiltein.

3. Tengen Toppa Gurren Lagann

Tengen Toppa Gurren Lagann bersetting di masa depan kala semua orang hidup di gua bawah tanah. Rata-rata manusia yang hidup di bawah tanah tidak mengetahui apapun tentang dunia permukaan. Bahkan, banyak dari mereka tidak pernah melihat langit biru.

Dari banyaknya gua bawah tanah yang tersebar di seluruh dunia, ada sebuah desa kecil bernama Jiha. Di desa inilah tokoh utama melangsungkan kesehariannya. Dia adalah bocah bernama Simon dan pemuda bernama Kamina.

Simon dan Kamina ingin menunjukkan pada warga desa bahwa di dunia permukaan itu ada langit yang indah. Mereka pun membentuk grup dan memulai petualangan besar demi meraih tujuannya.

4. Guilty Crown

Guilty Crown adalah sebuah seri televisi anime Jepang tahun 2011 yang diproduksi oleh Production IG. Seri tersebut disiarkan pada blok program noitamina Fuji TV sejak 13 Oktober 2011.

Anime ini cukup terkenal karena mengusung konsep cerita yang tidak biasa. Guilty Crown menceritakan kisah seorang pelajar SMA di salah satu sekolah yang terdapat di Tokyo, Jepang. Siswa tersebut bernama Ouma Shu. Ia adalah tipe siswa introvert yang tidak suka berbaur dengan siswa lainnya.

Namun, kehidupannya berubah ketika ia bertemu dengan Yuzuriha Inori tanpa sengaja. Pada saat itu, Inori tengah berusaha meloloskan diri dari kejaran kelompok GHQ. Inori berusaha meloloskan diri akibat tertuduh sebagai komplotan teroris. Sebelumnya, ia merupakan penyanyi yang sedang naik daun di Tokyo.

Void Genome dan robot kecil bernama Funell adalah alasan utama mengapa Inori terlibat kejar-kejaran dengan kelompok GHQ. Untuk meloloskan diri, ia memberikan Void Genome kepada Shu yang tanpa sengaja terlihat olehnya. Shu yang tidak tahu-menahu, lantas menerima Void Game dan Funell begitu saja. Ketika Inori berpesan untuk memberikannya kepada Gai, Shu pun menurut saja.

5. Mobile Suit Gundam

Tak perlu banyak penjelasan untuk anime yang satu ini. Gundam adalah anime yang menjadi pelopor dan merajai genre mecha sejak pertama perilisannya.

Kalau ada yang bertanya tentang genre mecha kata 'Gundam' sudah pasti ada di kepala penggemar anime bahkan untuk orang yang tak terlalu familiar dengan genre mecha, Mobile Suit Gundam atau yang lebih dikenal dengan sebutan "First Gundam" adalah serial anime mecha yang dibuat oleh Yoshiyuki Tomino serta Hajime Yatake dan diproduksi oleh Sunrise Inc.

Di asalnya di Jepangnya, serial ini pertama kali dirilis pada tanggal 7 April 1979 hingga 26 Januari 1980, sepanjang 43 episode. Gundam memiliki banyak seri yang berbeda universe, jadi agak sulit untuk memasukkan seluruh sinopsisnya.

Gundam favorit misalnya Iron-Blood Orphans. Alur ceritanya menjadikan kumpulan anak-anak yatim piatu sebagai tokoh utama benar-benar menyentuh dan adegan aksinya indah. Terutama untuk bagian akhir.

 
6. Aldnoah Zero

Aldnoah Zero mengambil setting pada dunia paralel pada masa peluncuran misi Apollo 17 ke bulan. Para astronot menemukan sebuah Hyper Gate. Hyper Gate tersebut menghubungkan bulan dengan Mars, dan oleh karena penemuan tersebut, Mars pun mulai ditinggali manusia.

(Damar PY)

Sumber:
- https://www.sindulin.web.id/2018/07/sinopsis-anime-tengen-toppa-gurren-lagann.html
- https://itkawai.com/sinopsis-anime-guilty-crown/
- https://www.kaorinusantara.or.id/


Tidak ada komentar