Menu
Jedadulu

Squid Game Cetak Sejarah Baru! Jadi Serial Drama Berbahasa Asing Pertama yang Raih Emmy Awards

Serial drama survival Korea Selatan, Squid Game.

Serial drama survival asal Korea Selatan (Korsel) Squid Game yang tayang di Netflix mencatat sejarah sebagai drama berbahasa asing (non-bahasa Inggris) pertama yang memenangkan penghargaan tertinggi di industri televisi, Emmy Awards. Dilansir dari Bloomberg pada Selasa (13/9/2022), sutradara Squid Game Hwang Dong-hyuk berhasil memenangkan kategori sutradara terbaik.

Sementara itu, Lee Jung-jae, karakter utama di serial ini, juga menyabet penghargaan aktor terbaik serial drama. Squid Game masuk ke dalam 14 nominasi di Emmy Awards 2022, bersaing ketat dengan drama terbaik HBO Succession. Megahits Korsel itu mengikuti keberhasilan sutradara film Parasite Bong Joon-ho yang menjadi pemenang Oscar 2020 dan pemain drama Minari Youn Yuh-jung yang memenangkan Academy Award untuk aktris pendukung terbaik pada 2021.

Pada upacara edisi ke-74 di Microsoft Theater di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Senin (12/9/2022), Hwang Dong-hyuk membawa pulang penghargaan kategori sutradara terbaik dan bersaing dengan Mark Mylod, Cathy Yan, dan Lorene Scafaria dari serial Succession, Ben Stiller dari Severance, Jason Bateman dari Ozark, dan Karyn Kusama dari Yellowjackets.

Ini adalah pertama kalinya serial televisi non-bahasa Inggris mendapatkan Emmy, yaitu penghargaan paling didambakan di industri televisi AS. Hwang berterima kasih kepada platform streaming global Netflix karena telah membuka pintu untuk pertunjukan Korea-nya dan memberikan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengakses pemirsa global di luar Korea.

"Saya yakin harus mengatakan kita semua telah membuat sejarah bersama-sama," kata Hwang dalam pidato penerimaannya dilansir Yonhap News, Selasa (13/9/2022).

Hwang mengatakan dia sangat berharap Squid Game tidak akan menjadi serial non-bahasa Inggris terakhir yang hadir di Emmy. Ia juga ingin penghargaan itu bukan Emmy terakhirnya.

Hwang mengatakan dia akan kembali dengan musim kedua dan mengincar penghargaan tertinggi di Emmy di waktu berikutnya. Ia sangat ingin kembali ke Emmy pada tahun berikutnya.

Hwang mengincar hadiah serial drama terbaik melalui Squid Game season 2. Ia ingin naik ke panggung bersama semua pemain dan kru. Hwang mengatakan dia masih mengerjakan skrip untuk season 2 yang akan memiliki beberapa perubahan karakter dan plot.

Aktor utama Squid Game, Lee Jung-jae,  yang dinobatkan sebagai aktor terbaik, menjadi pemain non-bahasa Inggris pertama dan aktor Korsel yang memenangkan Emmy, salah satu dari empat penghargaan utama AS untuk seni pertunjukan dan hiburan.

Dalam Squid Game, Lee memainkan peran sebagai Gi-hun, yaitu seorang pria paruh baya kurang beruntung yang ditarik ke kompetisi misterius permainan anak-anak tradisional Korea dengan hadiah 45,6 miliar won atau sekitar Rp 489 miliar dalam bentuk hadiah uang.

Squid Game pun menampilkan tema serupa dengan mengisahkan lebih dari 400 orang yang memiliki utang lalu memainkan serangkaian permainan anak-anak yang mematikan untuk memenangkan hadiah Rp 489 miliar. Permainan yang memperdayakan orang tidak mampu dan menjadi hiburan sejumlah VIP super kaya. Drama Korsel ini berhasil memikat penonton secara global dengan merefleksikan beberapa sisi gelap masyarakatnya, termasuk perlakuannya terhadap pembelot Korea Utara, pekerja migran, perceraian, pengangguran, dan orang-orang yang memiliki masalah kesehatan mental.

Dalam pidato saat menerima penghargaan, Lee berterima kasih kepada sutradara Hwang Dong-hyuk karena telah membuat serial yang diterima oleh penonton di seluruh dunia, serta penggemar Korsel yang selalu mendukungnya. "Terima kasih sutradara Hwang karena membuat masalah realistis yang kita semua hadapi menjadi hidup dengan sangat kreatif di layar dengan naskah yang bagus dan visual yang luar biasa," kata dia.

Lee mengatakan, bahasa bukan satu-satunya cara orang bercerita. "Aktor tidak hanya bercerita dengan bahasa. Ada banyak cara lain," ujar aktor yang juga sutradara film Hunt itu.

Menurut Lee, pesan dan ide dari sebuah cerita jauh lebih penting untuk dikomunikasikan kepada banyak orang. Pun serial Squid Game beresonansi dengan baik dengan orang-orang di seluruh dunia.

 

(nnn)

Tidak ada komentar