RajaBackLink.com

Referensi Anime Attack On Titan di Dunia Nyata



 

Attack On titan (AOT) berbeda dengan anime kebanyakan yang latar cerita fantasinya di dunia benar benar fantasi layaknya Dunia Shinobi di anime Naruto. Dunia AOT yang dibuat Hajime Isayama ini terinspirasi dari dunia nyata bahkan peristiwa sejarah yang ada di dunia nyata. Kita bisa melakukan cocoklogi antara negara negara fiksi di dunia AOT dengan negara negara yang pernah ada di dunia nyata.

 

Berikut referensi anime AOT di dunia nyata versi Jedadulu.com

 

1. Hizuru adalah refleksi peta Kekaisaran Jepang selama Perang Dunia II. Di dunia AOT, Jepang masih menjajah Indonesia. Peta Dunia AOT adalah peta dunia nyata yang dibuat terbalik agar tampak berbeda.

 

2. Aliansi Timur Tengah adalah cerminan peta wilayah Kekhalifahan Ottoman dan Peta Kekaisaran Munghal di Zaman Aungrazeb Alamgir, penguasa yang membawa Daulah Munghal ke puncak kejayannya di Anak Benua India. Karena wilayah Ottoman yang seharusnya membentang hingga Balkan dan Afrika Utara dikuasai Bangsa Marlety kemungkinan Ottoman, Munghal, bahkan Persia membentuk aliansi  melawan kekuasaan Fasis Marley yang merupakan gambaran kekaisaran Jerman di Perang Dunia I, meski kebijakan rasialnya meniru Nazi Jerman. Di dunia nyata Jerman bersekutu dengan Ottoman melawan Inggris, namun AOT yang mengambil timeline alternatif sepertinya membuat negara ini berperang.

 

(Perhatikan gambar peta Aliansi Timur Tengah tersebut dan bandingkan dengan peta Kekaisaran Munghal di bawah Kaisar Aunfrazeb Alamgir).

 

Sudah sejak lama sebenarnya negara Marley menjadi negara adidaya .Bahkan sebelum  negara Eldia bangkit dengan kekuatan titan titannya.  Dan hal itu membuat mereka jatuh dalam penjajahan negara adidaya baru, yaitu Eldia.

 

Di masa-masa selanjutnya  setelah merdeka dari penjajahan  kaum Eldia. Mereka pun kembali menjadi negara adidaya sekaligus negara yang angkuh karena mereka selalu menggunakan kekuatan para titan titan mereka untuk membantai negara lain. Hal ini membuat negara-negara tetangga mereka menjadi benci kepada negara Marley termasuk negara Aliansi Timur tengah seperti Dinasti Munghal di India dan Ottoman di Timur Tengah dan Eropa.


3.  Eldia diasingkan dari dunia luar karena kekejaman mereka di masa lalu dengan kekuatan titan mereka,sedangkan Hitler menyalahkan dan menyiksa orang Yahudi atas kekalahan Jerman di Perang Dunia I bahkan umat Kristen di Eropa sejak Zaman Pertengahan membenci Yahudi karena menyalib Yesus. Kedua bangsa ini adalah cerminan satu sama lain.Mereka disalahkan dan menjadi korban Genosida oleh rezim fasis yang bergaya Jerman atas kesalahan nenek moyang mereka.

Madagascar atau Pulau Paradis adalah tempat kaum Eldia  diasingkan dari dunia luar dengan tembok raksasa antititan. Tempat yang sama di mana Hitler ingin membuang orang Yahudi Jerman dan Polandia ke Madagascar dengan menuntut Prancis menyerahkan Madagascar sebagai wilayah jajahannya pada Jerman, setelah Hitler berhasil menduduki Kota Paris pada Juni 1940..Hitler ingin membuang sebanyak mungkin orang Yahudi dari Eropa agar orang Yahudi tersiksa sebelum tewas perlahan lahan terkena penyakit dan berkonflik dengan suku asli.

 

Namun Hitler membatalkan rencana ini karena biaya yang terlalu mahal dan kurang efektif dengan Holocoist di Kamp Konsentrasi Auschwitz di Polandia. Meskipun secara de fakto, Eldia di Paradis atau Madagascar negara merdeka. namun mereka di  bawah perlindungan dan kekuasaan Marley.


(Damar Pratama Yuwanto)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.