6 Aplikasi Menulis Novel Online yang Bisa Hasilkan Uang

- November 24, 2021
advertise here

Aplikasi menulis novel yang bisa menghasilkan uang (foto: pixabay)

 

Nama-nama seperti Tere Liye, Dee Lestari, dan Asma Nadia, adalah contoh penulis novel terkenal yang mampu meraup uang berlimpah dari tulisan-tulisannya. Lantas, bagaimana untuk penulis novel pemula yang tak terkenal tapi ingin menghasilkan uang lewat tulisan-tulisannya?

Pertanyaan seperti ini memang sangat umum. Namun, banyak yang berpikir hal tersebut mustahil terjadi. Padahal, sekarang ada banyak cara yang memungkinkan untuk mendapatkan penghasilan dengan menulis novel.

Sekarang, banyak aplikasi novel online atau yang biasa disebut webnovel yang bisa digunakan untuk meraup pundi-pundi uang. Sesuai dengan namanya, webnovel merupakan novel yang berbasis web, yaitu novel yang ditulis atau diterbitkan di dalam jaringan situs online.

Karakteristik novel yang dipublikasikan di penerbit atau dicetak (printed novel) dan webnovel pada umumnya sama saja. Perbedaannya hanya tempat penerbitannya. Webnovel di-publish di suatu situs website ataupun yang menyediakan layanan novel online.

Banyak penulis novel yang menggunakan kesempatan ini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan uang. Sejumlah penulis bahkan sukses meraup keuntungan materi berlimpah dengan menulis berbagai cerita di web.

Buat penulis novel pemula yang ingin mencoba menulis sekaligus menghasilkan uang, berikut adalah aplikasi webnovel yang bisa menjadi referensi untuk menuangkan karya sekaligus menghasilkan tambahan uang. Aplikasi webnovel, Wattpad, tak dimasukkan dalam daftar ini, karena berdasarkan pengalaman, meski terpopuler dan gampang menulis di sana, menghasilkan uang dari Wattpad termasuk teramat sulit.

 
1. Storial

Storial.co merupakan salah satu online platform untuk menulis ataupun membaca novel online. Uniknya, seorang penulis bisa berkolaborasi dengan penulis lain dalam satu novel. Jadi tak perlu bingung untuk mencari inspirasi karena tinggal berdiskusi dengan komunitas di Storial. Storial juga bekerja sama dengan nulisbuku.com dalam menerbitkan karya-karya penulis yang ada di platform ini. Penulis bisa mendapat royalti dengan minimal 500 pembaca. Untuk mengirim tulisan yang akan dipublikasikan, penulis tinggal mendaftar dan mengikuti petunjuk yang ada. Untuk mendapatkan uang, terdapat fitur seperti Storial Premium Chapter atau monetisasi dan Storial Wallet atau dompet digital. Dengan Storial Wallet, pembaca dapat mengatur uang digital (Storial Coin) yang digunakan untuk membaca tulisan berbayar. Koin inilah yang nantinya akan menjadi royalti bagi para penulis.

2. KBM Apps


 

Platform menulis novel ini terkenal di kalangan ibu-ibu. Awal mula KBM Apps berdiri dari Komunitas Bisa Menulis (KBM) yang ada di Facebook. Komunitas ini digawangi oleh Isa Alamsyah, penulis sekaligus suami dari Asma Nadia sang penulis beberapa novel best seller. Komunitas ini memiliki anggota yang banyak, mayoritas adalah ibu-ibu. Oleh karena itu cerita yang diangkat mayoritas adalah cerita tentang rumah tangga. Nah, jika ingin merasakan dapat uang dari menulis novel online, penulis bisa mengaktifkan fitur monetize. Secara otomatis cerita akan terkunci pada bab 8, untuk membukanya pembaca bisa membeli koin. Nah, penulis akan mendapatkan sharing royalti dari pembaca yang membeli koin. Kalau tidak salah, sharing royaltinya sebesar 70:30 untuk penulis:aplikasi. Lantaran berawal dari komunitas, penulis juga bisa sharing rutin banyak hal mengenai kepenulisan, promo, cara menulis di apps, bagaimana bisa meningkatkan penghasilan, dan masih banyak lainnya.

3. Goodnovel



Platform yang berbasis di Singapura ini selain berbahasa Inggris, juga menerima tulisan-tulisan berbahasa Indonesia. Di GoodNovel, calon penulis novel baru diminta menyetor minimal 5.000 kata saat mengajukan kontrak. Kira-kira sejumlah 6 sampai 12 bab, tergantung per bab sepanjang berapa kata. Calon novel baru ini akan diperiksa terlebih dahulu oleh editor in house. Jika naskah tersebut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)-nya masih parah, dijamin tidak bakal diloloskan. Editor akan mengembalikannya untuk diperbaiki terlebih dahulu. Tidak peduli sebagus apa pun ceritanya, kalau PUEBI jeblok tak akan dikontrak.

Lalu bagi yang sudah dikontrak (ada kontrak eksklusif dan non-ekskusif), editor GoodNovel bakal secara berkala memantau novel baru tersebut dan mengintip bab-bab selanjutnya. Bahkan editor akan membuat grup di-WhatsAap yang menampung para penulis lain untuk saling berkomunikasi dan berbagi. Tak seperti di beberapa platform ketika penulis harus update minimal sebanyak 50.000-60.000 kata per bulan, jika kurang dari itu tidak mendapat bayaran apa-apa, di GoodNovel tidak membuat penulis seolah-olah menjadi budak platform. Penulis bisa update santai, sambil menjalani aktivitas lain dengan santai pula. Tidak dikejar-kejar target harus ini dan itu yang dapat memengaruhi pendapatan novelnya.

4. Joylada



Joylada adalah aplikasi novel chat pertama di Indonesia. Uniknya, Joylada menyediakan cerita dalam bentuk chat. Untuk mendapat penghasilan, penulis tinggal mengunduh aplikasinya di Play Store atau App Store. Setelah itu, penulis bisa login dengan Facebook ataupun membuat akun baru. Lalu, mengikuti petunjuk dalam pembuatan akun, dan setelah mengisi semua data, maka kamu bisa langsung memuat cerita.

 
5. Novelme



NovelMe adalah salah satu platform online untuk membaca novel maupun menulis. Awalnya platform ini gratis, tapi pada 19 Juli 2019 mulai mengunci novel-novel favorit. Pembaca diminta untuk membeli koin agar bisa membuka bab yang berbayar. Dengan platform novel online NovelMe, pembaca bisa secara langsung memberikan dukungan kepada penulis. Penulis di Novelme bisa mendapatkan penghasilan dari mengikuti lomba, hadiah dari pembaca yang jumlahnya bervariasi, uang dari fitur bab berbayar, dan tambahan bonus teraktif bulanan. Tapi syarat untuk mendapatkan kontrak harus memiliki 30 subscribe atau pelanggan dan untuk bab berbayar syaratnya harus memiliki 100 subscribe. Ini tak terlalu mudah. Tapi untungnya penulis di Novelme juga akan mendapatkan editor in house. Editor juga punya grup WhatsApp yang menampung para penulis di bawahnya untuk saling komunikasi dan berbagi atau menambah subscribe.

6. Noveltoon



Noveltoon juga salah satu platform menulis online yang penggunanya mencapai jutaan. Untuk membuat cerita, penulis tinggal mendaftar di aplikasi ini. Untuk mendapatkan reward, penulis harus rajin membuat cerita yang menarik. Semakin banyak peminat, maka karya itu akan mendapat reward. Jika karya tembus 30 ribu kata, penulis bisa mengajukan tanda tangan kontrak untuk mendapatkan penghasilan. Buat yang ingin mengasah kemampuan menulis sekalian dapat uang, bisa untuk mencoba webnovel ini.


Seiring berjalannya waktu, aplikasi online untuk menulis novel memang semakin banyak. Penulis baru atau pemula bisa menggunakan kesempatan ini untuk menuangkan cerita, bahkan bisa menulis di mana pun dan kapan pun. Penulis pun bisa mengasah kemampuan menulis dan menghasilkan uang. Tapi ingat, tak gampang untuk mendapatkan pembaca dan kemudian mendapatkan uang di aplikasi novel online. Semua butuh proses. Jika memang berniat menjadi penulis novel, nikmati saja prosesnya.

(nnn)

Advertisement advertise here