Menu
Jedadulu

Inilah yang akan Terjadi jika Joker Ada di Dunia My Hero Academia

Jika Joker (kanan) ada di Dunia My Hero Academia  (foto: comicbook.com)


Joker adalah musuh utama superhero, Batman. Ia berupa badut gila yang sebenarnya tak memiliki kekuatan super tapi kerusakan yang mampu dihasilkan Joker, berkat kejeniusannya dalam membuat senjata kimia seperti gas tertawa, tak terduga dan manipulasi psikologis serta ketidakwarasannya yang tak manusiawi, bisa membuat semua orang menjadi gila.

Joker tak mengetahui masa lalunya yang penuh distorsi. Dia juga lupa dengan nama aslinya. Yang jelas masa lalunya yang kelamlah yang membuatnya menjadi orang yang sangat sinis dan putus asa melihat dunia hingga menertawakannya.

Namun seberapa besar ancaman yang akan dibuat Joker di anime My Hero Academia (MHA) yang penuh manusia super?  Di Injustice Joker bahkan mampu mengalahkan Superman secara psikologis hingga membuat Superman menjadi jahat, meski Joker mati dibunuh Superman pada akhirnya. Namun Joker berhasil membuat Superman menjadi diktator.

Deku di My Hero Academia dengan teman temannya mungkin bisa mengalahkan Joker pada akhirnya, tapi Joker akan mencetak sejarah sebagai penjahat Quirkless paling berbahaya di dunia dan akan membuat para pahlawan kesulitan mengetahui rencana dan motivasinya jika publik MHA mengetahui tentang Joker yang tidak memiliki quirk. Mereka tidak akan menganggapnya serius sebagai ancaman sama sekali karena kepercayaan bahwa orang yang tidak memiliki quirk itu lemah dan tidak berdaya. Sampai orang-orang melihatnya melakukan sesuatu.

***

Saya akan mengatakan bahwa publik akan mendapatkan peringatan serius dan saya dapat membayangkan pemerintah mengirim beberapa pro tingkat tinggi untuk mengejar Joker. Tapi saya ragu mereka akan kembali hidup-hidup atau mungkin Joker akan mengirim mereka kembali ke pemerintah dalam kantong mayat atau mungkin hadiah dengan busur yang bagus di atasnya.

Setelah itu, Joker akan meningkatkan permainannya dan mungkin mulai meledakkan rumah sakit dengan pakaian perawat dan bahkan hal-hal yang lebih memalukan. Sekali ini disiarkan di televisi di seluruh Jepang, pemerintah akan mulai melabeli Joker sebagai ancaman tingkat tinggi dan mungkin akan mengirim salah satu dari 10 pahlawan teratas, seperti All Might, Endeavour, Hawks, atau Miruko untuk mengejarnya.

Saya bisa membayangkan salah satu dari mereka masih meremehkan Joker karena dia quirkless (terutama Endeavour atau Hawks), tapi saya pikir Joker akan memberi mereka lebih dari yang mereka pikirkan karena dia memiliki cara dengan kata-kata dan bisa masuk ke dalam kepala Anda.

Maksud saya, lihat saja apa yang dia lakukan pada Harley yang malang. Joker mungkin akan tahu bagaimana mendapatkan di bawah setiap kulit mereka (terutama All Might karena Joker mungkin akan tahu berapa banyak kerusakan yang akan terjadi pada masyarakat mengetahui bahwa simbol perdamaian mereka telah dikalahkan olehnya) dan menggunakannya untuk memikat mereka ke dalam jebakan di mana dia bisa menggunakan Joker Gas-nya.

Dan itu hanya akan menjadi lebih buruk dari sana. Sial, mungkin All For One akan bertanya apakah dia bisa mengajari Shigaraki sebagai penjahat. Siapa tahu. Joker tanpa sumber daya akan menjadi versi Giran yang lebih gila, hanya saja dia memutuskan untuk menjalankan geng. Dia akan menjadi tanpa nama di komunitas penjahat dan hanya pion dalam permainan AFO.

Jika Joker memiliki sumber daya, dia mungkin akan menggabungkan Joker Venom dengan Bom Pemicu dan memusnahkan dunia. Jika itu Joker dari Heath Ledger (katakan saja itu untuk saat ini), maka para pahlawan akan berada dalam lebih banyak masalah. Banyak.

Alasan mengapa Joker menjadi ancaman besar adalah karena betapa efisiennya dia. Dia mengendalikan salah satu sindikat kejahatan paling berbahaya di Gotham, dia meledakkan sebuah rumah sakit, memasang bahan peledak ganda dengan Rachael Dawes dan Harvey Dent (yang terakhir menjadi satu-satunya yang selamat), dan dia hampir meledakkan dua kapal pesiar (atau tiga entahlah, sudah lama saya tidak menonton The Dark Knight) penuh sesak dengan penghuninya, dan dia hampir menghancurkan Batman secara psikologis - semua dalam beberapa hari.

Joker ini juga sangat berpengaruh, mampu membujuk Harvey Dent - "pahlawan" Gotham - untuk mengubah sikapnya 180 derajat sepenuhnya dan menjadi penjahat Two face. Saya tidak yakin apa kekhasannya, tetapi saya percaya bahwa jika Joker Heath Ledger berada di alam semesta pahlawan saya, dia akan mendatangkan malapetaka di antara masyarakat mereka.

Dalam beberapa minggu - bahkan mungkin berhari-hari - dia akan menyebabkan cukup banyak masalah sehingga perburuan nasional akan terjadi. Para pahlawan harus mengawasinya, sambil terus melawan ancaman League of Villains yang akan datang. Heck, mungkin dia bahkan akan bergabung dengan mereka. Sekarang itu akan menakutkan.

Sekarang saya membicarakannya, saya punya pertanyaan untuk Anda: Akankah Joker (2008) bergabung dengan League of Villains? Tapi tebakan saya dia tidak akan menjadi ancaman di Jepang. Pahlawan di sana tidak seperti Batman, jadi Joker tidak akan terhibur, dan penjara tidak seperti Arkham- bahkan jika dia tidak dikirim ke Tartarus, dia akan dikirim ke sana pada akhirnya dan tidak ada psikiater untuk merayunya, dia akan tinggal di sana selama sisa hidupnya. Semoga ini menjawab!

Ini yang terbaik. Saya hanya bisa membayangkan raut wajah pahlawan melihatnya melakukan sesuatu seperti di klip ini, Uraraka yang malang mungkin akan mengalami mimpi buruk paling lama dari semuanya. Neraka bahkan banyak penjahat akan terkesima olehnya (kecuali All For One dan Toga).

Deku tidak akan tahu bagaimana menghadapi orang seperti Joker. Dia mungkin akan mencoba mencari tahu tentang dia, bagaimana dia beroperasi dan motifnya, tetapi pada akhirnya dia akan merobek rambutnya dengan frustrasi. 


(Damar PY)

Tidak ada komentar